PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP MENURUT IBNU ‘ASYUR

BASYIR AHMAD, NIM. 1520410016 (2017) PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP MENURUT IBNU ‘ASYUR. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP MENURUT IBNU ‘ASYUR)
1520410016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP MENURUT IBNU ‘ASYUR)
1520410016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Tesis ini berjudul Pendidikan Kecakapan Hidup menurut Ibnu Asyur. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya sumber daya manusia terutama peserta didik di kalangan umat Islam dalam proses pendidikan khususnya pada aspek kognitif dan afektif. Pada saat yang sama, kajian atas pendidikan kecakapan hidup itu penting agar peserta didik mampu menjawab tantangan-tantangan yang terus berkembang di era globalisasi sekarang ini. Selain itu, pendidikan kecakapan hidup juga penting untuk meningkatkan kualitas pribadi peserta didik dalam rangka membentuk masyarakat yang baik dan berkualitas. Di antara tokoh yang berbicara tentang pendidikan kecakapan hidup adalah Ibnu Asyur. Ia menjelaskan bahwa rusaknya pendidikan karena rusaknya guru, penyusun kurikulum serta sistem pendidikan yang mengabaikan ilmu-ilmu yang bersifat aqliyah. Oleh karena itu. Menurutnya perlu ada upaya pengembangan kemampuan diri melalui usaha-usaha pembelajaran dan pendidikan. Berdasarkan permasalahan diatas, pokok masalah yang perlu dijawab dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana konsep pendidikan kecakapan hidup yang dirumuskan oleh Ibnu Asyur ? 2) apa relevansi pemikiran pendidikan kecakapan hidup dalam pengembangan prinsip nilai masyarakat madani ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan kecakapan hidup dan untuk mendiskripsikan serta menganalisis pemikiran Ibnu Asyur tentang pendidikan kecakapan hidup dan relevansinya terhadap pengembangan nilai prinsip masyarakat madani. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaaan (library research) dengan menggunakan metode analisis isi (content analysis). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mendeskripsikan serta menganalisis sumber primer; yakni kitab Alaisa as-Subhu bi Qarib dan kitab Usul al-Niz‘am al-Ijtima’ fi al-Islam dan sumber sekunder yang menunjang penelitian ini. Dalam rumusan masalah yang pertama, peneliti menemukan tiga hal: 1) gagasan pendidikan kecakapan hidup Ibnu Asyur disusun dalam kerangka dan landasan epistimologis yang normatif yakni berbasis pada dasar-dasar agama yang berasal dari al- Qur’an dan al-Sunnah serta landasan historis-empirik berupa realitas sosial masyarakat Tunisia yang terbelakang dalam berbagai aspek. 2) Proses kegiatan pembelajaran; kurikulum, guru serta penerapan pendidikan kecakapan hidup mencakup tiga aspek, yaitu: a) kecakapan mengenal diri, mencakup mengenal diri dan Tuhannya, yang dijadikan sebagai landasan berfikir dan berbuat. b) Kecakapan berfikir yang mencakup delapan aspek, yakni; keyakinan, syariat, ibadah, meraih kesuksesan di dunia dan akhirat, keteguhan hati, muamalah, produksi pengetahuan, dan c) kecakapan sosial. 3) Tujuan pendidikan kecakapan hidup yang mencakup tujuan kemampuan mengenal diri, berfikir dan sosial. Semua ini untuk membentuk pribadi yang unggul serta menjadi landasan dalam membentuk masyarakat yang baik. Selanjutnya, pada rumusan kedua, relevansinya terkait nilai prinsip pengembangan masyarakat madani yaitu prinsip kesetaraan, keadilan dan inklusivisme.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Muhammad Zuhri, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pemikiran Pendidikan, Pendidikan Kecakapan Hidup, Ibnu Asyur.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 Jan 2018 15:12
Last Modified: 08 Jan 2018 15:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28924

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum