KIPRAH K.H. SUJA’I MASDUKI DI PONDOK PESANTREN ASSALAFIYYAH MLANGI, NOGOTIRTO, GAMPING, SLEMAN, YOGYAKARTA TAHUN 1981-2015 M

ASNAWI, NIM. 12120019 (2017) KIPRAH K.H. SUJA’I MASDUKI DI PONDOK PESANTREN ASSALAFIYYAH MLANGI, NOGOTIRTO, GAMPING, SLEMAN, YOGYAKARTA TAHUN 1981-2015 M. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KIPRAH K.H. SUJA’I MASDUKI DI PONDOK PESANTREN ASSALAFIYYAH MLANGI, NOGOTIRTO, GAMPING, SLEMAN, YOGYAKARTA TAHUN 1981-2015 M)
12120019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KIPRAH K.H. SUJA’I MASDUKI DI PONDOK PESANTREN ASSALAFIYYAH MLANGI, NOGOTIRTO, GAMPING, SLEMAN, YOGYAKARTA TAHUN 1981-2015 M)
12120019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

K.H. Suja‟i merupakan seorang kyai, tokoh ulama di Dusun Mlangi, Desa Nogotirto, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Ayahnya adalah K.H. Masduki, salah satu pendiri pesantren di wilayah Mlangi, yang sekarang dikenal dengan Pondok Pesantren As-Salafiyyah Mlangi. K.H. Suja‟i adalah pengasuh Pondok Pesantren As-Salafiyyah sejak tahun 1981 M, menggantikan ayahnya K.H. Masduki yang wafat karena usia lanjut. K.H. Suja‟i sebagai penerus kepemimpinan pesantren mengalami perkembangan dan kemajuan yang pesat, dinamika intern juga menunjukan suatu kemajuan dengan berpedoman pada tradisi pesantren semi modern. Selama mengasuh pesantren K.H. Suja‟i mengambil langkah antara lain pembenahan kurikulum pendidikan, pembangunan asrama santri, penertiban administrasi pesantren, mendirikan organisasi pesantren, dan wirausaha santri. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan biografi, yaitu suatu pendekatan yang berusaha untuk memahami dan mendalami kepribadian sosok K.H. Suja‟i berdasarkan latar belakang lingkungan serta sosial kultural tempat ia dilahirkan dan tumbuh dewasa. Untuk membantu mempermudah penelitian ini, peneliti menggunakan teori peranan sosial yang dikemukakan oleh Erving Goffman. Penelitian ini berusaha mengungkap kiprah K.H. Suja‟i di Pondok Pesantren As-Salafiyyah Mlangi, sehingga dalam penulisanya, peneliti menggunakan metode sejarah. Peneliti ini menggunakan metode sejarah yang meliputi empat tahapan yaitu: Pengumpulan Sumber (Heuristik), Kritik Sumber (Verifikasi), Intrepetasi dan Historiografi. Untuk pengumpulan sumber peneliti memadukan antara field research dan library research. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa K.H. Suja‟i mempunyai peran di Pondok Pesantren As-Salafiyyah Mlangi di berbagai bidang seperti: Pertama, bidang pendidikan agama, ia memberikan bimbingan keagamaan dan penanaman nilai-nilai Islam dalam setiap pengajianya terhadap para santri, mengembangkan kurikulum pendidikan yang merupakan langkah yang dilakukan oleh K.H. Suja‟i setelah ia menjadi pengasuh di Pondok Pesantren As-Salafiyyah Mlangi menggantikan ayahnya pada tahun 1981 M, menurutnya perubahan ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan santri dan mengikuti arus perkembangan zaman. Kedua, bidang wirausaha santri, ia memiliki ide agar para santri mampu berwirausaha secara mandiri. Ketiga, bidang organisasi pesantren, ia membentuk organisasi pesantren bertujuan agar para santri diharapkan memiliki bekal pengalaman dalam berorganisasi sehingga nantinya dalam bermasyarakat dapat bermanfaat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Siti Maimunah, S.Ag., M.Hum.,
Uncontrolled Keywords: Kiprah K.H. Suja’I, Pondok Pesantren As-Salafiyyah Mlangi
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 09 Jan 2018 11:19
Last Modified: 09 Jan 2018 11:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28930

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum