IMPLEMENTASI PENDEKATAN ILMIAH KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X AGAMA MAN PARAKAN TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

BERNADI HANIF, NIM. 1520411020 (2017) IMPLEMENTASI PENDEKATAN ILMIAH KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X AGAMA MAN PARAKAN TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDEKATAN ILMIAH KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X AGAMA MAN PARAKAN TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017)
1520411020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDEKATAN ILMIAH KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X AGAMA MAN PARAKAN TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017)
1520411020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu masih banyak peserta didik kelas X Agama MAN Parakan Temanggung mengalamai kesulitan dalam pembelajaran bahasa Arab, baik pada penguasaan kosakata ataupun kaidah bahasa. Selain itu masih ada beberapa peserta didik yang merasa takut ketika percakapan menggunakan bahasa Arab di depan kelas. Hal ini disebabkan karena sebagian besar peserta didik kelas X Agama MAN Parakan Temanggung berasal dari SMP yang tidak ada pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendekatan ilmiah kurikulum 2013 pada pembelajaran bahasa Arab kelas X Agama MAN Parakan Temanggung, faktor pendukung dan penghambat implementasi pendekatan ilmiah serta memberikan solusi terhadap hambatan yang dihadapi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendekatan ilmiah pada pembelajaran bahasa Arab kelas X Agama MAN Parakan Temanggung yaitu : 1) Pada tahap perencanaan pembelajaran, siswa atau peserta didik sudah dipersiapkan untuk mendapatkan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunkan pendektan ilmiah kurikulum 2013, hal ini terbukti dari silabus dan juga RPP yang telah dibuat guru. 2). Pada tahap pelaksanaan pembelajaran, guru dan siswa melaksankan pembelajran bahasa Arab dengan menggunakan pedekatan ilmiah yaitu melalui tiga tahap, tahap pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Pada tahap pendahuluan, siswa melakukan proses menagamati dan menanya. Pada tahap kegiatan inti, siswa melakukan proses mengeksplorasi dan mengasosiasi. Pada tahap penutupan, siswa melakukan proses mengkomunikasikan. 3). Pada tahap penilaian, guru menerapkan pendekatan ilmiah dengan menilai sikap, pengetatahuan, dan keterampilan siswa. 4) Pendekatan ilmiah tidak serta merta bisa diterapkan dalam semua pembelajaran terutama dalam pembelajaran bahasa karena bahasa itu sendiri merupakan keterampilan yang dipelajari dengan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Radjasa, M. Si
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pendekatan Ilmiah, Pembelajaran Bahasa Arab xiii
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Jan 2018 14:04
Last Modified: 09 Jan 2018 14:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28936

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum