PEMBELAJARAN MENULIS BAHASA ARAB (STUDI PEMBELAJARAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NAGERI TAKERAN MAGETAN)

AHMAD KHOIRUDIN, NIM. 1520411021 (2017) PEMBELAJARAN MENULIS BAHASA ARAB (STUDI PEMBELAJARAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NAGERI TAKERAN MAGETAN). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN MENULIS BAHASA ARAB (STUDI PEMBELAJARAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NAGERI TAKERAN MAGETAN))
1520411021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN MENULIS BAHASA ARAB (STUDI PEMBELAJARAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NAGERI TAKERAN MAGETAN))
1520411021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (8MB)

Abstract

Tesis dengan judul " Pembelajaran Menulis Bahasa Arab (Studi Kasus Terhadap Pembelajaran Menulis Bahasa Arab Perspektif Komunikatif Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Takeran Magetan)" ini, bertujuan untuk menguji penerapan teori kontruktivis yang tersirat dalam kurikulum 2013 dengan penggunaan pendekatan komunikatif pada pembelajaran menulis bahasa Arab serta menjelaskan proses aktif kontruktivis yang terbangun didalamnya. Pendekatan komunikatif tersebut merupakan sebuah pendekatan dalam pembelajaran bahasa dengan tujuan memperoleh kompetensi komunikatif, yakni kompetensi sosial, kompetensi gramatikal, kompetensi wacana dan kompetensi strategis. Keberadaan pendekatan komunikatif tersebut dapat dilihat dari adanya proses pembelajaran bahasa Arab yang lebih menekankan keaktifan siswa, belajar secara bermakna, dan kontekstual dalam materi pembelajaranya. Penulis mempergunakan kriteria pembelajaran demikian untuk melihat proses pembelajaran menulis bahasa Arab pada kelas X Madrasah AliyahNegeri Takeran Magetan. Selain itu, penulis menunjukkan bahwa proses pembelajaran menulis bahasa Arab dengan kriteria tersebut telah menyebabkan berlangsungnya proses aktif kontruktiv –proses pemerolehan kompetensi komunikatif- bahasa pada siswa meskipun tidak sempurna, hal itu terlihat dari hasil perkerjaan siswa dalam tugas menulis bahasa Arab masih banyak ditemui beberapa kesalahan tulisan siswa.. Kesimpulan sebagaimana tersebut didasarkan pada hasil analisa penulis terhadap data- data yang diambil dari proses pembelajaran bahasa Arab di dalam kelas yang terdiri dari beberapa unsur, antara lain: guru, murid, tujuan, materi, dan teknik-teknik yang diterapkan oleh guru. Di samping itu, data juga diambil dari aktivitas komunikasi murid dengan menggunakan bahasa Arab. Data-data tersebut dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi dan dipaparkan secara diskriptif analitis berdasarkan teori-teori penunjang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Tulus Mustofa, Lc, MA
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Komunikatif, Pembelajaran Keterampilan Menulis, Madrasah Aliyah Negeri Takeran Magetan
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Jan 2018 07:10
Last Modified: 09 Jan 2018 07:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28939

Actions (login required)

View Item View Item