PENGARUH KEMAMPUAN AFEKTIF, PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MAN KLATEN

ULFARIDA MA’RIFATI IHSANA, NIM. 1520411058 (2017) PENGARUH KEMAMPUAN AFEKTIF, PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MAN KLATEN. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KEMAMPUAN AFEKTIF, PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MAN KLATEN)
1520411058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (28MB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENGARUH KEMAMPUAN AFEKTIF, PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MAN KLATEN)
1520411058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pengembangan kognitif atau intelegensi saja ternyata belum mampu menghasilkan prestasi belajar bahasa Arab yang baik. Oleh karena itu, pembelajaran dapat ditingkatkan kualitasnya dengan mengembangkan kecerdasan emosi. Maka Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh kemampuan afektif terhadap prestasi belajar bahasa Arab. (2) untuk mengetahui apakah ada pengaruh persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar bahasa Arab. (3) untuk mengetahui apakah ada pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar bahasa Arab. (4) untuk mengetahui apakah ada pengaruh kemampuan afektif, persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru, dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar bahasa Arab. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan jumlah sampel 54 siswa dari dua kelas prestasi, yaitu XI IPA 1 dan XI IPA 2. Uji Prasyarat yang harus dipenuhi, yaitu: uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Analisis kuantitatif dilakukan dengan uji regresi linier sederhana, uji regresi linier berganda (uji F), dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan afektif berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar bahasa Arab dengan nilai sig 0,000 0,05 dan thitung 7,749 ttabel 2,000, persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar bahasa Arab dengan nilai sig 0,000 0,05 dan thitung 6,652 ttabel 2,000, kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar bahasa Arab dengan nilai sig 0,000 0,05 dan thitung 8,338 ttabel 2,000, kemampuan afektif, persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru, dan kemandirian belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar bahasa Arab dengan nilai sig 0,000 0,05 dan Fhitung 30,584 Ftabel 4,03 dengan sumbangan efektif sebesar 64,7%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Siti Fatonah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Afektif, Persepsi Siswa terhadap Kompetensi Pedagogik Guru, Kemandirian Belajar, dan Prestasi Belajar Bahasa
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Jan 2018 14:32
Last Modified: 09 Jan 2018 14:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28947

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum