PENGARUH NON PERFORMING FINANCING DAN FINANCING TO DEPOSIT RATIO TERHADAP RETURN ON ASSET BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH (BPRS) STUDI TERHADAP BPRS DI PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2015 – 2017

SINTA RIAN PRATIWI, NIM. 12240107 (2017) PENGARUH NON PERFORMING FINANCING DAN FINANCING TO DEPOSIT RATIO TERHADAP RETURN ON ASSET BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH (BPRS) STUDI TERHADAP BPRS DI PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2015 – 2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH NON PERFORMING FINANCING DAN FINANCING TO DEPOSIT RATIO TERHADAP RETURN ON ASSET BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH (BPRS) STUDI TERHADAP BPRS DI PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2015 – 2017)
12240107_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH NON PERFORMING FINANCING DAN FINANCING TO DEPOSIT RATIO TERHADAP RETURN ON ASSET BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH (BPRS) STUDI TERHADAP BPRS DI PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2015 – 2017)
12240107_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Bank Pembiayaan Rakyat Syariah merupakan bagian dari unit perbankan syariah yang berfokus pada sektor mikro syariah. Bank pembiayaan rakyat syariah atau sering disebut BPRS merupakan lembaga keuangan bank yang menerima simpanan hanya dalam bentuk deposito berjangka tabungan dan atau bentuk lainnya yang dipersamakan dengan itu dan menyalurkan dana sebagai usaha BPR yang operasinya menggunakan prinsip-prinsip syariah. Penelitian terkait dengan BPRS bertujuan untuk mengetahui dan menganalisi pengaruh Non Performing Financing (NPF) dan Financing to Deposite Ratio (FDR) terhadap Return on Asset (ROA). Semakin besar nilai NPF yang dimiliki BPRS membuktikan bahwa adanya pembiayaan yang disalurkan oleh BPRS tersebut bermasalah, sedangkan ketentuan BI sendiri untuk standarisasi NPF adalah di bawah 5% dari jumlah pembiayaan yang disalurkan. Sedangkan FDR adalah jumlah pembiayaan yang di salurkan BPRS terhadap nasabah agar tidak terjadi adanya idle money atau uang mengaggur penyaluran jumlah pembiayaan ini berkaitan dengan dana pihak ketiga serta laba yang di dapat dari BPRS yang di proyeksikan dalam rasio Return on Asset (ROA). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang didapat dari laporan publikasi Bank Indonesia, BPRS seluruh Provinsi Jawa Timur pada periode 31 Maret 2015 – 31 Maret 2017. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik regresi data panel. Dari hasil uji chow dan uji hausman yang dilakukan maka pengujian regresi dilakukan dengan teknik fixed effect menggunakan shoftwre Eviews 8. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan maka di dapat bahwa Hasil pengujian pengaruh NPF dan FDR terhadap ROA menunjukkan nilai sig. sebesar 0,0002010,05, artinya variable independen secara bersama-sama berpengaruh terhadap variable dependen. Maka dapat disimpulkan bahwa variable NPF dan FDR secara bersama-sama berpengaruh terhadap variable ROA. Dengan hasil nilai adj R-square sebesar 0.175494 atau sebesar 17,54%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Muhammad Rosyid Ridla, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Bank pembiayaan Rakyat Syariah, NPF , FDR, ROA, regresi data panel
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 10 Jan 2018 11:06
Last Modified: 10 Jan 2018 11:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28961

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum