MANAJEMEN STRATEGI PENGELOLAAN ZAKAT PRODUKTIF DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2016-2017

LAKSONO AULIA SHIDIQ, NIM. 12240097 (2017) MANAJEMEN STRATEGI PENGELOLAAN ZAKAT PRODUKTIF DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2016-2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN STRATEGI PENGELOLAAN ZAKAT PRODUKTIF DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2016-2017)
12240097_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN STRATEGI PENGELOLAAN ZAKAT PRODUKTIF DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2016-2017)
12240097_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya zakat yang dikelola dengan produktif dimana anggaran zakat diberikan untuk dikelola sebagai usaha produktif sehingga memunculkan pertanyaan bagaimana manajemen strategi dan pengelolaannya terkait dengan zakat produktif ? Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana manajemen strategi pengelolaan zakat produktif di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Yogyakarta. Metode pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori dari J. David Hunger dan Thomas L, Wheelen, yang terdiri dari beberapa elemen-elemen dasar dari proses Manajemen Strategi. subjek penelitian ini adalah staf BAZNAS, staf BMT Bringharjo dan muzakki zakat produktif khususnya periode 2016-2017. Hasil penelitian ini manajemen strategi yang digunakan oleh BAZNAS Kota Yogyakarta cukup bagus yaitu mengentaskan ekonomi masyarakat kurang mampu dengan dua unsur yaitu dari unsur sepiritual dan unsur bisnis. Akan tetapi dalam pengelolaan zakat produktif dengan tidak adanya surfei kepada penerima zakat dan bergantung dengan proposal pengajuan usaha. maka dana anggaran zakat produktif dikhawatirkan akan tidak tepat sasaran. Serta jika muzakki zakat produktif tidak mengikuti pendampingan. alangkah baiknya ada teguran ataupun himbawan langsung kepada muzakki khususnya yang tidak mengikuti pendampingan tanpa ada keterangan supaya kegiatan pendampingan dapat berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DRA.Hj. Mikhriani,MM,
Uncontrolled Keywords: Zakat Produktif, BAZNAS, Yogyakarta
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 10 Jan 2018 14:12
Last Modified: 10 Jan 2018 14:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28964

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum