EKSPLORASI ZONA MINERALISASI EMAS DI DAERAH SANGON KABUPATEN KULON PROGO MENGGUNAKAN METODE POLARISASI TERINDUKSI

SITI MAGHFIRATUS SAYYIAH, NIM. 12620033 (2017) EKSPLORASI ZONA MINERALISASI EMAS DI DAERAH SANGON KABUPATEN KULON PROGO MENGGUNAKAN METODE POLARISASI TERINDUKSI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (EKSPLORASI ZONA MINERALISASI EMAS DI DAERAH SANGON KABUPATEN KULON PROGO MENGGUNAKAN METODE POLARISASI TERINDUKSI)
12620033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (EKSPLORASI ZONA MINERALISASI EMAS DI DAERAH SANGON KABUPATEN KULON PROGO MENGGUNAKAN METODE POLARISASI TERINDUKSI)
12620033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian eksplorasi zona mineralisasi emas menggunakan motode polarisasi terinduksi telah dilakukan di Dusun Sangon, Desa Kalirejo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo yang merupakan daerah pertambangan emas rakyat. Penelitian bertujuan untuk mengkaji kondisi bawah permukaan didasari sifat kelistrikan batuan dan mengkaji sebaran zona mineralisasi emas daerah penelitian. Metode yang digunakan adalah metode Polarisasi Terinduksi dengan konfigurasi pengukuran adalah Dipole-dipole. Pengukuran dilakukan sebanyak 5 lintasan dengan panjang lintasan (210-380) meter, spasi antar elektoda (10-20) meter. Alat yang digunakan adalah Syscal Jr Switch-48, Software pengolahan data menggunakan software Res2Dinv3.54 dan Rockwork15. Hasil penelitian berdasarkan interpretasi data model 2D mengindikasikan bahwa kondisi bawah permukaan dari parameter resistivitas adalah satuan batuan lempung 6,35 s.d. 56,4 ohm meter, dan batu andesit 56,4 s.d. 1036 ohm meter sedangkan chargeability tinggi 30 s.d. 73,7 msec adalah zona mineralisasi emas. Berdasarkan range nilai chargeabilty tersebut digunakan untuk pemodelan 3D sehingga persebaran zona mineralisasi emas diketahui memiliki dua arah persebaran vein A yang ditunjukkan warna kuning dan vein B ditunjukkan warna merah. Zona mineralisasi emas A dengan arah persebaran N170°E dan zona mineralisasi emas B dengan arah persebaran N182°E.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Thaqibul Fikri Niyartama, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Chargeability, Mineralisasi emas, Polarisasi Terinduksi, Resistivitas
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 11 Jan 2018 08:52
Last Modified: 11 Jan 2018 08:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28967

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum