REGRESI ROBUST DENGAN ESTIMASI-S

ALIFATUN NASYROCHAH, NIM. 13610035 (2017) REGRESI ROBUST DENGAN ESTIMASI-S. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (REGRESI ROBUST DENGAN ESTIMASI-S)
13610035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (REGRESI ROBUST DENGAN ESTIMASI-S)
13610035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Analisis regresi merupakan metodologi statistik yang menggambarkan hubungan atau pengaruh dari variabel independen dan variabel dependen. Salah satu metode estimasi parameter dalam analisis regresi adalah Metode Ordinary Least Squares. Kekurangan dari metode ini adalah kurang tepat dalam memodelkan data yang terdapat outlier. Salah satu metode regresi yang dapat mengatasi outlier adalah regresi robust estimasi-S. Estimasi-S merupakan estimasi robust yang dapat mencapai breakdown point hingga 50%, sehingga estimasi-S dapat mengatasi setengah dari outlier dan memberikan pengaruh yang baik bagi pengamatan. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas Metode Ordinary Least Squares dengan estimasi-S pembobot Tukey Bisquare dalam mengestimasi parameter model regresi.Perbandingan metode ini ditinjau dari nilai standard error dan Adjusted R-Square. Contoh kasus dalam penelitian ini diambil dari data Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur tentang produksi kacang hijau (Y ), produktivitas (X1), rata-rata curah hujan (X2), tinggi rata-rata daerah (X3) dan luas lahan panen (X4) berdasarkan kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Timur tahun 2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk 32 kabupaten dan kota yang diamati, estimasi-S pembobot Tukey Bisquare menghasilkan model yang lebih baik dari Metode Ordinary Least Squares. Hal ini dilihat berdasarkan nilai standard error estimasi-S pembobot Tukey Bisquare dan Metode Ordinary Least Squares yaitu 6,2 dan 153,1, dan Adjusted R-Square masing-masing yaitu 0,999 dan 0,998.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: M. Farhan Qudratullah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Analisis regresi, estimasi-S, metode Ordinary Least Squares, outlier, regresi robust, Tukey Bisquare
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 15 Jan 2018 08:19
Last Modified: 15 Jan 2018 08:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28997

Actions (login required)

View Item View Item