ANALISIS KRIPTOGRAFI SANDI VIGENERE TEKS ARAB MENGGUNAKAN METODE KASISKI DAN ALGORITMA GENETIKA

ISMIATUL KHUSNA, NIM. 13610047 (2017) ANALISIS KRIPTOGRAFI SANDI VIGENERE TEKS ARAB MENGGUNAKAN METODE KASISKI DAN ALGORITMA GENETIKA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KRIPTOGRAFI SANDI VIGENERE TEKS ARAB MENGGUNAKAN METODE KASISKI DAN ALGORITMA GENETIKA)
13610047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KRIPTOGRAFI SANDI VIGENERE TEKS ARAB MENGGUNAKAN METODE KASISKI DAN ALGORITMA GENETIKA)
13610047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Analisis kriptografi atau kriptoanalisis merupakan ilmu untuk memecahkan sistem kriptografi. Analisis kriptografi dengan pendekatan matematika pertama kali dilakukan oleh Al Kindi menggunakan analisis frekuensi huruf. Salah satu sistem kriptografi yang bergantung pada analisis frekuensi adalah sandi Vigenere. Sandi Vigenere merupakan metode menyandikan teks alphabet menggunakan deretan sandi Caesar berdasarkan huruf-huruf pada kata kunci. Pemecahan sandi Vigenere berhasil dilakukan pertama kali oleh Kasiski yang dikenal dengan metode Kasiski. Dalam penelitian ini, akan dibahas mengenai analisis kriptografi sebuah teks Arab yang telah dienkripsi dengan Sandi Vigenere menggunakan metode Kasiski dan metode baru yaitu Algoritma Genetika. Metode Kasiski dan algoritma genetika digunakan untuk mencari panjang kunci dari ciphertext, dengan mencari jarak dari kriptogram berulang dalam ciphertext pada metode Kasiski dan membandingkan nilai fitness pada algoritma genetika untuk beberapa asumsi panjang kunci. Perhitungan frekuensi huruf-huruf Arab diperoleh dari teks pada Al-Qur.an. Analisis kriptografi berhasil dilakukan dengan metode Kasiski maupun algoritma genetika untuk sebuah ciphertext dengan panjang 145, diperoleh panjang kunci yaitu 5. Setelah diperoleh panjang kunci, dicari kata kunci menggunakan mutual index coinceidence. Hasil dekripsi menunjukkan sebuah teks dalam Al-Qur’an, yaitu Surat Al-Fatihah ayat 1-7.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: M. Abrori, S.Si, M.Kom
Uncontrolled Keywords: Algoritma Genetika, Analisis Kriptografi, Dekripsi, Enkripsi, Metode Kasiski, Panjang Kunci, Sandi Vigenere, Teks Arab.
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 15 Jan 2018 15:29
Last Modified: 15 Jan 2018 15:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28999

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum