KEMAMPUAN LITERASI MEDIA KELUARGA PENGGUNA TELEVISI DI PADUKUHAN SAMIRONO CATURTUNGGAL DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Khamim, NIM 12210101 (2017) KEMAMPUAN LITERASI MEDIA KELUARGA PENGGUNA TELEVISI DI PADUKUHAN SAMIRONO CATURTUNGGAL DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KEMAMPUAN LITERASI MEDIA KELUARGA PENGGUNA TELEVISI DI PADUKUHAN SAMIRONO CATURTUNGGAL DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
12210101_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KEMAMPUAN LITERASI MEDIA KELUARGA PENGGUNA TELEVISI DI PADUKUHAN SAMIRONO CATURTUNGGAL DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
12210101_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Khamim, 12210101, Skripsi: Kemampuan Literasi Media Keluarga Pengguna Televisi di Padukuhan Samirono Caturtunggal Depok Sleman Yogyakarta, 2017, Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Televisi hadir tidak hanya memberikan tayangan positif namun juga menyuguhkan tayangan yang bernuansa kekerasan, seks, pornografi dan mistik. Hal ini membawa pengaruh kurang baik bagi penonton terlebih usia anak-anak. Anak-anak menjadi kelompok yang sangat rentan terhadap dampak dari tayangan televisi. Tanpa pengawasan dari keluarga, bukan tidak mungkin virus negatif dan pengaruh buruk tayangan televisi akan merusak moral dan mental mereka. Oleh karena itu, penelitian ini ingin melihat bagaimana kemampuan literasi media yang dilakukan oleh orang tua di RT 03/ RW 01 Padukuhan Samirono dalam membentengi dan mencegah anaknya dari tayangan negatif televisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan teori milik Elizabeth Thoman dan Milton Chen yang membahas tentang kemampuan kritis dalam literasi media dan diet media. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara langsung terhadap sepuluh ibu rumah tangga di RT 03/ Rw 01 Padukuhan Samirono, serta pengumpulan data-data berupa dokumen dari ketua RT. Hasil penelitian ini diketahui bahwa orang tua di RT 03/ RW 01 Padukuhan Samirono cukup mampu dalam melakukan literasi media televisi dengan cara mengatur jumlah jam dalam menonton televisi melalui cara, membuat jadwal menonton di dalam dan di luar rumah, menonton televisi hanya dua jam sehari, dan memberikan kegiatan alternatif . Orang tua melakukan hal seperti menyediakan buku bacaan, mengerjakan kerjaan sekolah, keluar rumah untuk jalan-jalan, bermain game dan mengualitaskan waktu untuk berkumpul dengan keluarganya. Hal ini dilakukan untuk mengalihkan anak-anak dari aktivitas menonton televisi. Selain itu, memilih tontonan televisi dengan cara melihat kriteria program acara yang baik untuk anak dan melukakan pendampingan. Mereka memberikan pengertian dan pengarahan kepada anakanaknya. Kata Kunci: Literasi Media, Pengguna Televisi, Cerdas Bermedia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Akhmad Rifa’i, M.Phil
Uncontrolled Keywords: Literasi Media, Pengguna Televisi, Cerdas Bermedia
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Jan 2018 09:27
Last Modified: 23 Jan 2018 09:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29028

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum