TEKNIK SINEMATOGRAFI DALAM MENYAMPAIKAN PESAN NASIONALISME PADA PROGRAM TAYANGAN INDONESIA BAGUS EDISI MAUMERE DI NET TV

Muhammad Nuzula Ramadhan, NIM 12210130 (2017) TEKNIK SINEMATOGRAFI DALAM MENYAMPAIKAN PESAN NASIONALISME PADA PROGRAM TAYANGAN INDONESIA BAGUS EDISI MAUMERE DI NET TV. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (TEKNIK SINEMATOGRAFI DALAM MENYAMPAIKAN PESAN NASIONALISME PADA PROGRAM TAYANGAN INDONESIA BAGUS EDISI MAUMERE DI NET TV)
12210130_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (TEKNIK SINEMATOGRAFI DALAM MENYAMPAIKAN PESAN NASIONALISME PADA PROGRAM TAYANGAN INDONESIA BAGUS EDISI MAUMERE DI NET TV)
12210130_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Pentingnya rasa nasionalime dalam negeri ini harus dimiliki disetiap daerah. Oleh karena itu program acara yang memuat pesan nasionalisme sangat bermanfaat untuk kelangsungan kehidupan di Indonesia. Pada kali ini peneliti mencoba meneliti program acara Indonesia Bagus pada edisi Maumere, Nusa Tenggara Timur. Penelitian ini berjudul “Peran Teknik Sinematografi dalam menyampaikan pesan Nasionalisme dalam program Indonesia Bagus edisi Maumere di NET TV”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran teknik sinematografi dalam menyampaikan pesan Nasionalisme pada tayangan ini. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis data bahan visual untuk menganalisis proses dan motif objek penelitian. Analisis terhadap karya audio visual ini berdasarkan pada unsur-unsur teknik sinematografi, diantaranya: shot size, camera angle, camera movement, composition. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, yaitu berupa program acara Indonesia Bagus edisi Maumere. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik sinematografi dalam program ini sangat mempengaruhi terciptanya pesan nasionalisme. Pemilihan gambar yang tepat dan sesuai dapat memberikan efek terhadap kedalaman emosi dan imajinasi penonton. Teknik eye level angle dominan dalam setiap adegannya, memotivasi penonton agar ikut merasakan adanya rasa nasionalisme yang ada pada daerah tersebut dan memberikan kesan psikologis kesejajaran dan kesetaraan antara setiap orang di adegan tersebut. Kemudian shot size long shot dan medium shot banyak dipakai agar memperlihatkan kepada penonton banyak aktivitas sikap nasionalisme di daerah tersebut. Pergerakan kamera track in dominan pada tayangan ini membuat para penonton mengembara dalam keindahan panorama pemandangan yang dihasilkan. Kemudian untuk komposisi rata-rata sama yang mana bertujuan membuat gambar semenarik mungkin untuk dilihat dan tidak membuat bosan penonton. Adapun dalam beberapa adegan atau scene yang terdapat beberapa pesan nasionalisme, diantaranya: memiliki rasa cinta tanah air, bangga menjadi bagian dari bangsa dan masyarakat Indonesia, menempatkan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi atau golongan, mengakui dan menghargai sepenuhnya keanekaragaman yang ada pada bangsa Indonesia, toleransi beragama, kebersamaan dan tolong menolong. Kata kunci : Sinematografi, Dokumenter, Nasionalisme.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Khadiq, S.Ag, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Sinematografi, Dokumenter, Nasionalisme.
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Jan 2018 09:26
Last Modified: 23 Jan 2018 09:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29029

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum