TAHAP-TAHAP BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENUMBUHKAN TANGGUNG JAWAB PADA SISWA MAN 3 BANTUL

AJI JATININGSIH, NIM. 12220034 (2017) TAHAP-TAHAP BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENUMBUHKAN TANGGUNG JAWAB PADA SISWA MAN 3 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TAHAP-TAHAP BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENUMBUHKAN TANGGUNG JAWAB PADA SISWA MAN 3 BANTUL)
12220034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (TAHAP-TAHAP BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENUMBUHKAN TANGGUNG JAWAB PADA SISWA MAN 3 BANTUL)
12220034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

AJI JATININGSIH, 12220034. "Tahap-tahap Bimbingan Kelompok dalam Menumbuhkan Tanggung Jawab pada Siswa MAN 3 Bantul". Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Tanggung jawab merupakan keadaan dimana wajib menanggung segala sesuatu, sehingga berkewajiban menanggung, memikul, menanggung segala sesuatunya atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya. Tanggung jawab menekankan pada kewajiban positif sebaai suatu perbaikan di masa yang akan datang. Timbulnya tanggung jawab dalam diri siswa diperlukan untuk pengembangan jiwa yang sehat, keperdulian akan hubungan interpersonal, mempunyai peran dalam masyrakat yang humanis dan demokratis sehingga dapat menciptakan dunia yang adil dan damai. Seiring berjalannya waktu yang diikuti oleh berbagai perubahan dan kemajuan, perwujudan tanggung jawab dalam diri siswa mengalami hambatan. Kondisi tersebut tidak didukung oleh kondisi siswa yang masih tergolong remaja dengan berbagai permasalahan semakin menambah hambatan dalam perwujudan tanggung jawab dalam diri siswa. Salah satu madrasah/sekolah di kabupaten Bantul yang mempunyai permasalahan tersebut di atas adalah MAN 3 Bantul. Sehingga sangat menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai tahap-tahap bimbingan kelompok dalam menumbuhkan tanggung jawab pada siswa MAN 3 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di MAN 3 Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan teori Milles dan Hubermen dengan mereduksi data yang didapat kemudian menyajikan data kedalam pola dan membuat kesimpulan dan verifikasi dari hasil tersebut. Subyek penelitian terdiri dari 3 guru BK, 5 siswa beserta orang tuanya. Obyek penelitian adalah Tahap-tahap bimbingan kelompok dalam menumbuhkan tanggung jawab pada siswa MAN 3 Bantul. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: tahap-tahap bimbingan kelompok dalam menumbuhkan tanggung jawab di sekolah dan di rumah pada siswa kelas XI tahun ajaran 2017/2018 di MAN 3 Bantul yaitu : Pertama, tahap pembentukan, merupakan tahap yang dilakukan sebagai upaya untuk menumbuhkan minat bagi terbentuknya kelompok. Kedua, tahap peralihan, merupakan tahap yang membahas mengenai suasana yang terjadi sebagai upaya dalam meningkatkan kemampuan keikutsertaan anggota. Ketiga, tahap pelaksanaan, merupakan tahap dimana anggota dan pemimpin kelompok membahas masalah secara mendalam. Keempat, tahap pengakhiran, merupakan tahap terakhir proses bimbingan kelompok, di dalamnya terdapat kegiatan mengemukakan pesan dan kesan serta hasil dari kegiatan bimbingan kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Nailul Falah, S.Ag, M.Si
Uncontrolled Keywords: tahap-tahap bimbingan kelompok, tanggung jawab siswa
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Jan 2018 10:16
Last Modified: 18 Jan 2018 10:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29059

Actions (login required)

View Item View Item