METODE BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MEMBENTUK KARAKTER REMAJA DI BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL WANITA (BPRSW) YOGYAKARTA

NILA PUTRI HARINI, NIM. 12220098 (2017) METODE BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MEMBENTUK KARAKTER REMAJA DI BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL WANITA (BPRSW) YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MEMBENTUK KARAKTER REMAJA DI BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL WANITA (BPRSW) YOGYAKARTA)
12220098_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (METODE BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MEMBENTUK KARAKTER REMAJA DI BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL WANITA (BPRSW) YOGYAKARTA)
12220098_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Nila Putri Harini, 12220098 Skripsi "Metode Bimbingan kelompok Dalam Membentuk Karakter Remaja di Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Wanita (BPRSW) Yogyakarta". Program Studi Bimbingan dam Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui bentuk dan metode apasaja yang digunakan praktisi bimbingan kelompok dalam membentuk karakter remaja di Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Wanita (BPRSW) Yogyakarta. Dalam penetitian ini yang menjadi subjek adalah Konselor Bimbingan Kelompok Bapak Demi widyakongko, Pekerja Sosial BPRSW Ibu Desi dan Ibu Rantini, dan klien yang mengikuti bimbingan kelompok di BPRSW yaitu RT, DY, dan RN. Sedangkan obyek penelitianya adalah pembentukan karakter remaja melalui bimbingan kelompok di Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Wanita (BPRSW) Yogyakarta. Metodologi penelitian yang digunakan adalah deskriptif yaitu dengan memberi gambaran proses bimbingan kelompok. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa metode bimbingan kelompok dalam membentuk karakter remaja di BPRSW Yogyakarta, yaitu: Pertama, metode Langsung (Directive Method) yaitu instruktur berperan aktif dalam kelas bimbingan kelompok, instruktur banyak memberikan materi dan pengarahan pada klien pada saat kelas bimbingan kelompok berlangsung. Bentuk bimbingan kelompok yang menggunakan metode langsung adalah bentuk sosiodrama. Kedua, metode Tidak Langsung (Nondirective Method) yaitu instruktur kelas bimbingan kelompok hanya memberikan intruksi dan sedikit materi, kemudian selanjutnya hingga akhir kegiatan klien yang berperan aktif dalam kelas tersebut. Bentuk bimbingan kelompok yang menggunakan metode tidak langsung yaitu diskusi kelompok dan kelompok kerja. Ketiga, metode Eklektif (Eklective Method) yaitu dalam penerapan metode elektif yang ada di BPRSW Yogyakarta yaitu instruktur berperan aktif di kelas bimbingan kelompok tetapi juga harus mendapatkan respon aktif positif dari klien. Adapun bentuk bimbingan kelompok yang menggunakan metode elektif ini adalah kegiatan kelompok dan permainan diluar kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nailul Falah, S.Ag, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan kelompok, karakter remaja
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Jan 2018 10:31
Last Modified: 18 Jan 2018 10:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29063

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum