OPTIMASI PENENTUAN RUTE KENDARAAN PADA SISTEM DISTRIBUSI MENGGUNAKAN METODE MIXED INTEGER LINEAR PROGRAMMING (MILP) DAN SAVING MATRIX (STUDI KASUS DI PT. GRAHA GAS NIAGA KLATEN)

ALFI WIDYASARI, NIM. 13660030 (2017) OPTIMASI PENENTUAN RUTE KENDARAAN PADA SISTEM DISTRIBUSI MENGGUNAKAN METODE MIXED INTEGER LINEAR PROGRAMMING (MILP) DAN SAVING MATRIX (STUDI KASUS DI PT. GRAHA GAS NIAGA KLATEN). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (OPTIMASI PENENTUAN RUTE KENDARAAN PADA SISTEM DISTRIBUSI MENGGUNAKAN METODE MIXED INTEGER LINEAR PROGRAMMING (MILP) DAN SAVING MATRIX (STUDI KASUS DI PT. GRAHA GAS NIAGA KLATEN))
13660030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (OPTIMASI PENENTUAN RUTE KENDARAAN PADA SISTEM DISTRIBUSI MENGGUNAKAN METODE MIXED INTEGER LINEAR PROGRAMMING (MILP) DAN SAVING MATRIX (STUDI KASUS DI PT. GRAHA GAS NIAGA KLATEN))
13660030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Capacitated Vehicle Routing Problem adalah masalah penentuan rute kendaraan untuk melayani sejumlah konsumen dengan keterbatasan kapasitas muatan kendaraan. Penelitian ini membahas tentang pembentukan rute distribusi di sebuah agen gas. PT. Graha Gas Niaga merupakan salah satu agen penyalur gas LPG 3 kg dengan wilayah operasional di Kabupaten Klaten. Penentuan rute distribusi dilakukan oleh perusahaan hanya dengan berdasarkan pada kira – kira oleh karyawan di bidang administrasi. Hal tersebut menyebabkan jarak yang ditempuh kurang optimal,terdapat 27 rute dengan jarak total yang harus ditempuh sejauh 798.25 km dan biaya bahan bakar sebesar Rp. 600.000. Penelitian ini menggunakan dua metode berbeda untuk menentukan pembentukan rute distribusi. Metode eksak MILP dan metode heuristik Saving Matrix dengan pengurutan metode nearest neighbor. Pengolahan data menggunakan metode MILP dibantu software IBM ILOG CPLEX menghasilkan 27 rute dengan jarak tempuh sejauh 578.89 km dan biaya bahan bakar sebesar Rp. 434.746. Pengolahan kedua menggunakan metode saving matrix menghasilkan 28 rutedengan jarak tempuh 620.69 km dan biaya bahan bakar sebesar Rp. 466.138. Perbandingan dengan rute awalan, metode MILP mampu menghemat jarak sebesar 219.36 km (27.48 %) dan biaya bahan bakar sebesar Rp.165.243 (27.54 %), sedangkan metode saving matrix mampu menghemat jarak sebesar 177.56 km (22.24 %) dan biaya bahan bakar sebesar Rp. 133.861 (22.31%).Metode MILP memberikan hasil yang lebih baik daripada metode saving matrix untuk menyelesaiakan permasalahan rute di PT. Graha Gas Niaga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dwi Agustina Kurniawati Ph.D.
Uncontrolled Keywords: cvrp,rute distribusi, milp, saving matrix, nearest neighbor, ibm ilog cplex
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Jan 2018 05:23
Last Modified: 18 Jan 2018 05:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29068

Actions (login required)

View Item View Item