OPTIMISASI PERENCANAAN PRODUKSI MENGGUNAKAN MODEL DE NOVO PROGRAMMING DENGAN PENDEKATAN MIN-MAX GOAL PROGRAMMING PADA HOME INDUSTRY KRUPUK RAJANG “IBU LASTRI”

AZIS YULIANTO, NIM. 13660036 (2017) OPTIMISASI PERENCANAAN PRODUKSI MENGGUNAKAN MODEL DE NOVO PROGRAMMING DENGAN PENDEKATAN MIN-MAX GOAL PROGRAMMING PADA HOME INDUSTRY KRUPUK RAJANG “IBU LASTRI”. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (OPTIMISASI PERENCANAAN PRODUKSI MENGGUNAKAN MODEL DE NOVO PROGRAMMING DENGAN PENDEKATAN MIN-MAX GOAL PROGRAMMING PADA HOME INDUSTRY KRUPUK RAJANG “IBU LASTRI”)
13660036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (OPTIMISASI PERENCANAAN PRODUKSI MENGGUNAKAN MODEL DE NOVO PROGRAMMING DENGAN PENDEKATAN MIN-MAX GOAL PROGRAMMING PADA HOME INDUSTRY KRUPUK RAJANG “IBU LASTRI”)
13660036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Home Industry krupuk rajang “Ibu Lastri” adalah suatu perusahaan yang memproduksi krupuk rajang khas Gunungkidul. Dalam hal perancangan produksi Home Industry tersebut saat ini masih berdasarkan kemudahan dalam memproduksi salah satu jenis krupuk tanpa mempertimbangkan keuntungan dll-nya. Penelitian ini bertujuan untuk memaksimalkan keuntungan dan kapasitas produksi berdasarkan kombinasi jenis krupuk yang ada dengan menggunakan model De Novo Programming melalui pendekatan minmax Goal Programming pada 3 jenis produk yaitu original, mini, dan super. Model yang terbentuk yaitu meminimumkan deviasi maksimum dengan kendala budget yang tersedia dan berbagai kendala yang ada. Hasil perhitungan menggunakan software LINGO, diperoleh hasil nilai d = 0 yang berarti tujuan memaksimalkan keuntungan dan memaksimalkan kapasitas produksi tercapai dengan memproduksi krupuk rajang jenis original sebanyak 800 kg, mini sebanyak 800 kg, dan juga super sebanyak 1200 kg. Dari hasil ini maka diperoleh keuntungan maksimum yaitu sebesar Rp. 8.158.800,-, jika dibandingkan dengan keuntungan rata-rata rill perusahaan yaitu sebesar Rp. 7.424.734,- maka terjadi kenaikan keuntungan sebesar Rp. 734.006,- atau sekitar 9.88%, dan untuk kapasitas produksi diperoleh kapasitas maksimal yaitu 2800 kg per bulan. Jika dibandingkan dengan rata-rata produksi perbulan yang menjadi kapasitas produksi rill perusahaan yaitu sebesar 2691 maka terjadi kenaikan kapasitas produksi sebesar 109 kg per bulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Siti Husna Ainu Syukri, M.T.
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Produksi, De Novo Programming, Min-max Goal Programming.
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Jan 2018 06:48
Last Modified: 18 Jan 2018 06:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29069

Actions (login required)

View Item View Item