TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PROSES TA’ARUF DALAM PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH PADA “RUMAH TA’ARUF TAMAN SURGA” BINAAN USTAZ AWAN ABDULLAH

RENI NURMAWATI, NIM. 13350062 (2017) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PROSES TA’ARUF DALAM PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH PADA “RUMAH TA’ARUF TAMAN SURGA” BINAAN USTAZ AWAN ABDULLAH. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PROSES TA’ARUF DALAM PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH PADA “RUMAH TA’ARUF TAMAN SURGA” BINAAN USTAZ AWAN ABDULLAH)
13350062_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PROSES TA’ARUF DALAM PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH PADA “RUMAH TA’ARUF TAMAN SURGA” BINAAN USTAZ AWAN ABDULLAH)
13350062_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Perkawinan merupakan sesuatu akad yang bersifat sakral, sesuatu yang suci. Perkawinan merupakan ikatan antara seorang laki-laki dan perempuan, sebelum menuju perkawinan salah satu tahap yang dilakukan adalah ta’aruf. Ta’aruf adalah proses saling mengenal antara seorang laki-laki dan perempuan untuk menuju suatu pernikahan. Dalam Islam ta’aruf diperbolehkan dengan ketentuan agama yaitu mampu Menjaga diri dari syahwat, menjaga diri dari aktifitas yang terlarang. Dalam ta’aruf seorang laki-laki dan perempuan akan mendiskusikan visi kehidupan rumah tangga agar tercapai kesesuaian. Ta’aruf disalah artikan oleh sebagian manusia sama dengan pacaran yang dilakukan oleh manusia pada umumnya. Pada umumnya pacaran dan ta’aruf memiliki cukup banyak perbedaan jika ditinjau dari beberapa aktifitas yang dilakukan. Dalam fenomena ini penyusun tertarik untuk mengetahui proses ta’aruf yang dilakukan komunitas ta’aruf yang bersifat online yang dilakukan Rumah Ta’aruf Taman surga. Rumah Ta’aruf Taman Surga memiliki jangkauan wilayah seluruh Indonesia dengan jalan melakukan ta’aruf menggunakan aplikasi grup whatsApp. Ta’aruf ini merupakan salah satu bentuk ta’aruf kontemporer seiring perkembangan zaman. Menggunakan sistem online tetap dalam tuntunan syari’at Islam. Penelitan ini membahas tentang tinjauan hukum Islam terhadap proses ta’aruf dalam pembentukan keluarga sakinah pada Rumah Ta’aruf Taman Surga ustaz Awan Abdullah. Rumah ta’aruf Taman Surga merupakan sebuah komunitas yang dikelola oleh seorang pembina yang melayani proses ta’aruf menuju pernikahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif analisis dengan menekankan pada pendekatan normatif metode pengumpulan data menggunakan interview (wawancara). metode penalaran analisis yang digunakan yaitu metode deduktif, penyusun akan menggunakan pola penerapan dengan menghubungkan ketentuan dan teori yang sudah ada dengan proses ta’aruf pada “Rumah Ta’aruf Taman Surga” sehingga akan mendapatkan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh oleh penyusun bahwa menurut hukum Islam dalam proses ta’aruf ini tidak bertentangan karena Islam menganjurkan sebelum melangsungkan pernikahan sebaiknya harus mengenal pasangan satu sama lain dengan cara yang baik agar tidak ada penyesalan saat pernikahan. Ditinjau dari konsep maqᾱṣid syarῑ’ah dari segi keturunan Proses ta’aruf online ini tetap dalam ketentuan syari’at Islam karena menjaga keturunan agar tetap menjadi keturunan yang baik tidaklah mudah. Salah satunya dengan ketentuan seorang laki-laki dan perempuan tidak boleh berkhalwat baik secara tatap muka ataupun menggunakan media online. Ta’aruf dalam hal ini memasuki kategori tahsiniyat sebagai pelengkap agar sebelum adanya pernikahan pergaulan antara seorang laki-lai dan perempuan akan terjaga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: MANSUR, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Proses ta'aruf, keluarga sakinah, rumah ta'aruf taman surga
Subjects: Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Jan 2018 10:00
Last Modified: 19 Jan 2018 10:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29079

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum