ANALISIS SWOT PADA STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN SUTERA MUDARABAH BANK BPD DIY SYARIAH

MUHAMMAD AZIS SOLEH, NIM. 11210107 (2017) ANALISIS SWOT PADA STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN SUTERA MUDARABAH BANK BPD DIY SYARIAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS SWOT PADA STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN SUTERA MUDARABAH BANK BPD DIY SYARIAH)
13820189_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS SWOT PADA STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN SUTERA MUDARABAH BANK BPD DIY SYARIAH)
13820189_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

This study aim to analyze the competitiveness of a product and service that becomes a major part of the company's success of marketing strategy. BPD DIY Syariah one of the financial service providers who continue to make product innovations with the ability to meet the needs of its customers. Understanding and public attention to the provision of syariah banking services needs to be responded by BPD DIY sharia with the development of marketing strategy of Mudharabah Saving Savings products. This strategy is done so that Mudharabah Silk Savings is expected to provide solutions in facilitating the activities of its customers by providing ease of a benefit to meet the needs in terms of storage of funds and investment. The objectives of this research are (1) to identify internal and external factors of Tabungan Sutera Mudharabah product of Bank BPD DIY syariah, (2) to analyze the strengths, weaknesses, opportunities and threats on marketing of Tabungan Sutera Mudharabah products; and (3) marketing strategy Suitable for Tabungan Sutera Mudharabah products of BPD DIY Syariah. The research data is sourced from primary and secondary data. Primary data result from result of observation or direct observation of company location through interview and filling questioner. Secondary data from literature study, journal, internet, and literature of the company's literature. The interviews and questionnaires were conducted on the competent person in the field, the sample of research is senior officer, operational officer, and marketing staff. The result of research is obtained from SWOT matrixs analyisis, and can be used to decide best marketing strategy. Based on the result of IFE and EFE matrixs analysis, obtained with using matriks IE model. Matriks Internal-Eksternal (IE) is compounding from the result from score matriks IFE and matriks EFE. Analyist from internal factor with matriks IFE score is 3.255942. while result from external analysist factor with matriks EFE get score 3.7934. the position from result anlayis internal and extranl is on cell 1. Based matching matirks theory of internal eksternal strategy which the best to used to marketing mudharaba saving product is market penetration, strategi market development, strategi product development and internal consolidation strategy ( INDONESIA ) Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisa terhadap daya saing suatu produk jasa yang menjadi bagian utama atas perusahaan dari sisi strategi pemasaran. BPD DIY syariah salah satu unit usaha syariah di DIY sebagai penyedia jasa keuangan yang terus melakukan inovasi- inovasi produk dengan berusaha memenuhi kebutuhan nasabahnya. pemahaman dan atensi masyarakat atas penyediaan layanan jasa perbankan syariah perlu direspon oleh BPD DIY syariah dengan mengembangkan strategi pemasaran produk Tabungan Sutera Mudharabah. Strategi ini dilakukan agar Tabungan Sutera Mudharabah diharapkan mampu memberikan solusi dalam memfasilitasi aktivitas nasabahnya dengan memberika n kemudahan an manfaat untuk memenuhi kebutuhan dari segi penyimpanan dana dan investasi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal produk Tabungan Sutera Mudharabah pada Bank BPD DIY syariah, (2) Menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman pada pemasaran produk Tabungan Sutera Mudharabah, dan (3) Memberikan alternatif strategi pemasaran yang tepat untuk produk Tabungan Sutera Mudharabah bagi BPD DIY Syariah. Data penelitian bersumber dari data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari hasil observasi atau pengamatan langsung dilokasi perusahaan melalui wawancara dan pengisian kuesioner. Data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan, Jurnal, internet, dan literatur- literatur dari perusahaan. Wawancara dan pengisian kuesioner tersebut dilakukan terhadap karyawan kompeten di bidangnya yaitu senior officer, officer operasional, dan staf marketing. Perolehan strategi didapatkan dari analisa matriks SWOT dan dapat digunakan untuk menentukan strategi yang terbaik. Berdasarkan hasil analis is diperoleh dengan menggunakan model matriks IE. Matriks Internal-Eksternal (IE) merupakan penggabungan dari hasil skor terbobot dari matriks IFE dan matriks EFE yang dapat dilihatpada lampiran. Hasil analisis faktor internal dengan menggunakan matriks IFE diperoleh skor terbobot yaitu 3.255942. Sedangkan hasil analisis faktor eksternal dengan menggunakan matriks EFE diperoleh skor terbobot yaitu sebesar 3.7934. Berdasarkan hasil skor tersebut posisi sel I. Berdasarkan teori pencocokan matirks internal eksternal strategi yang tepat digunakan untuk memasarkan produk adalah market penetration, strategi market development, strategi product development dan strategi konsolidasi internal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Akhmad Yusuf Khoiruddin, S.E., M.Si,
Uncontrolled Keywords: Marketing Strategy, SWOT Analysis, Funding Product, Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Produk Tabungan
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 19 Jan 2018 10:24
Last Modified: 19 Jan 2018 10:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29082

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum