PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ADOBE FLASH CS5 PADA MATERI ENERGI ALTERNATIF DAN PEMANFAATANNYA UNTUK SISWA KELAS IV SD/MI

RAHMAT FAUZI, NIM. 11480010 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ADOBE FLASH CS5 PADA MATERI ENERGI ALTERNATIF DAN PEMANFAATANNYA UNTUK SISWA KELAS IV SD/MI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ADOBE FLASH CS5 PADA MATERI ENERGI ALTERNATIF DAN PEMANFAATANNYA UNTUK SISWA KELAS IV SD/MI)
11480010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ADOBE FLASH CS5 PADA MATERI ENERGI ALTERNATIF DAN PEMANFAATANNYA UNTUK SISWA KELAS IV SD/MI)
11480010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan produk media pembelajaran IPA berbasis Adobe Flash CS5 pada materi energi alternatif dan pemanfaatannya untuk siswa kelas IV SD/MI, 2) memperoleh media pembelajaran IPA berbasis Adobe Flash CS5 pada materi energi alternatif dan pemanfaatannya untuk siswa kelas IV SD/MI, dan 3) mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran IPA berbasis Adobe Flash CS5 pada materi energi alternatif dan pemanfaatannya untuk siswa kelas IV SD/MI. Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D), melalui model pengembangan 4-D (define, design, develop, dan disseminate) yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel. Subjek penelitian ini adalah 1 ahli materi, 1 ahli media, 4 peer reviewer (teman sejawat), 4 guru kelas, dan 40 siswa kelas IV SD/MI di MIM Basin dan MIM Tangkisan Pos. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ada 2 yaitu: 1) lembar penilaian kualitas media pembelajaran IPA berbasis Adobe Flash CS5 untuk ahli materi, ahli media, peer reviewer, dan guru wali kelas SD/MI, serta 2) angket respon siswa terhadap media pembelajaran IPA berbasis Adobe Flash CS5 untuk siswa SD/MI kelas IV. Teknik analisis data melalui 2 tahapan yaitu kualitatif yang selanjutnya diubah menjadi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Telah berhasil dikembangkan media pembelajaran IPA berbasis Adobe Flash CS5 dalam pembelajaran IPA pada materi energi alternatif dan pemanfaatannya untuk siswa kelas IV SD/MI. 2) Berdasarkan penilaian dari ahli materi memperoleh rata-rata sebesar 4,2 dengan kategori SB (Sangat Baik), penilaian dari ahli media memperoleh skor rata-rata sebesar 4,2, dengan kategori SB, penilaian dari peer reviewer memperoleh ratarata sebesar 4,39, dengan kategori SB, penilaian dari 4 guru memperoleh skor rata-rata sebesar 4,5; dengan kategori SB, dengan demikian, media Adobe Flash dalam pembelajaran IPA pada materi energi alternatif dan pemanfaatannya ini layak digunakan untuk pembelajaran IPA untuk kelas IV SD/MI. 3) Respon penilaian yang diberikan oleh siswa adalah positif, dengan persentase 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Sigit Prasetyo, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran IPA, pengembangan, Adobe Flash CS5
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Jan 2018 06:45
Last Modified: 19 Jan 2018 06:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29088

Actions (login required)

View Item View Item