PENGARUH MENONTON “TAYANGAN TETANGGA MASA GITU” NET TV TERHADAP AKHLAK BERTETANGGA MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Mazidatul Ma’rifah, NIM. 13210002 (2017) PENGARUH MENONTON “TAYANGAN TETANGGA MASA GITU” NET TV TERHADAP AKHLAK BERTETANGGA MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MENONTON “TAYANGAN TETANGGA MASA GITU” NET TV TERHADAP AKHLAK BERTETANGGA MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
13210002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MENONTON “TAYANGAN TETANGGA MASA GITU” NET TV TERHADAP AKHLAK BERTETANGGA MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
13210002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Kemajuan peradaban manusia telah menjadikan media massa sebagai kebutuhan.Media massa yang paling banyak digunakan dan memiliki pengaruh yang kuat bagi khalayak yaitu televisi, dimana media massa tersebut menyajikan program-program acara dengan berbagai macam tema dan genre. Salah satunya yaitu drama komedi. Drama komedi Tetangga Masa Gitu merupakan tayangan yang menceritakan mengenai kehidupan bertetangga dua pasang suami istri. Tayangan tersebut menampilkan perilaku-perilaku bertetangga sebagai cerminan kehidupan bertetangga yang ada dimasyarakat pada umumnya. Sehingga menarik bagi peneliti untuk melakukan penelitian mengenai pengaruh menonton tayangan Tetangga Masa Gitu terhadap akhlak bertetangga mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner yang disebarkan kepada 98 responden. Teori dalam penelitian ini menggunakan kultivasi dengan teknik analisis data menggunakan analisis chi square atau chi kuadrat. Adapun hasilnya terdapat hubungan antara intensitas menonton tayangan Tetangga Masa Gitu NET TV terhadap akhlak bertetangga mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Hal ini dapat dilihat pada hasil nilai chi square atau chi kuadrat sebesar 5,43 dengan derajat kebebasan (dk) adalah 1 dan tingkat probabilitas 5%. Dengan demikian hasil nilai chi square atau chi kuadrat sebesar 5,43 lebih besar dari nilai chi square pada tabel distribusi chi square yaitu sebesar 3,841 sehingga terdapat pengaruh antara intensitas menonton tayangan Tetangga Masa Gitu terhadap akhlak bertetangga mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Abdul Rozak, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media massa, Drama komedi, Akhlak Bertetangga
Subjects: Akhlak - Etika
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Jan 2018 10:57
Last Modified: 22 Jan 2018 10:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29103

Actions (login required)

View Item View Item