STRATEGI KREATIF PRODUSER DALAM PROGRAM KHAZANAH TRANS7

Anisatun Khotimah, NIM. 13210003 (2017) STRATEGI KREATIF PRODUSER DALAM PROGRAM KHAZANAH TRANS7. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (STRATEGI KREATIF PRODUSER DALAM PROGRAM KHAZANAH TRANS7)
13210003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI KREATIF PRODUSER DALAM PROGRAM KHAZANAH TRANS7)
13210003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Persaingan antar program televisi menjadi semakin ketat seiring menjamurnya jumlah stasiun televisi yang ada, tidak terkecuali program religi. Banyaknya program religi disetiap stasiun televisi membuat produser harus memiliki strategi kreatif agar dapat bersaing dengan program religi televisi lain. Seperti yang diketahui, kebanyakan dari program religi dikemas dalam bentuk ceramah atau talkshow. Tetapi di sini program Khazanah TRANS7 dikemas dengan format dokumenter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Untuk mengetahui strategi kreatif yang digunakan produser, peneliti menggabungkan teori tugas produser yang kemudian dikaitkan dengan teori strategi milik Irwan Starr dan Shelly Markoff, serta teori sifat kreatif milik Himes. Subjek penelitian ini adalah produser program Khazanah dan objek penelitiannya adalah strategi kreatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara langsung dengan produser program Khazanah, serta mengumpulkan data-data berupa dokumen dari beberapa crew program Khazanah. Selanjutnya dilakukan analisis data menggunakan model analisis interaktif milik Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa strategi kreatif produser di program Khazanah adalah dengan menjalankan kedelapan tugas produser yaitu: menciptakan dan mengembangkan ide, membuat design produksi, menentukan tim kreatif, menentukan satuan kerja produksi, menentukan pengisi program, menyusun anggaran biaya produksi, melakukan koordinasi promosi dan publikasi, dan melakukan evaluasi terhadap program acara yang ditangani. Sedangkan strategi penyiaran yang digunakan produser saat menjalankan kedelapan tugasnya yaitu: berpikir seperti pemirsa, waktu siaran bernilai penting dan media penyiaran harus berkompetisi. Dan selanjutnya sifat kreatif yang mendukung strategi tersebut yaitu: sensitivitas terhadap lingkungan, fleksibel, ingin tahu, terbuka, selektif dan penilaian bebas. Dari ketiga poin tersebut, kreatifitas dapat terwujud karena produser memiliki kepercayaan diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ristiana Kadarsih, S.Sos., M.A
Uncontrolled Keywords: Strategi Kreatif, Produser Program Khazanah, Menjadi kreatif
Subjects: Komunikasi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Jan 2018 11:04
Last Modified: 22 Jan 2018 11:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29104

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum