PEMAKNAAN PENONTON TERHADAP NILAI SOSIAL DALAM ACARA “Mamah Dan Aa Beraksi” DI INDOSIAR (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Tokoh Masyarakat Kebon Agung Tridadi Sleman)

Arif Wicaksono, NIM. 13210078 (2017) PEMAKNAAN PENONTON TERHADAP NILAI SOSIAL DALAM ACARA “Mamah Dan Aa Beraksi” DI INDOSIAR (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Tokoh Masyarakat Kebon Agung Tridadi Sleman). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEMAKNAAN PENONTON TERHADAP NILAI SOSIAL DALAM ACARA “Mamah Dan Aa Beraksi” DI INDOSIAR (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Tokoh Masyarakat Kebon Agung Tridadi Sleman))
13210078_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PEMAKNAAN PENONTON TERHADAP NILAI SOSIAL DALAM ACARA “Mamah Dan Aa Beraksi” DI INDOSIAR (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Tokoh Masyarakat Kebon Agung Tridadi Sleman))
13210078_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Hadirnya teknologi informasi dan komunikasi sangat menguntungkan untuk menjunjung kegiatan dakwah seorang da’i yang dapat melakukan dakwahnya melalui pemanfaatan teknologi komunikasi yang ada, seperti radio, televisi, koran, maupun internet. Media-media tersebut harus diupayakan penggunaannya untuk kepentingan dakwah secara luas. Melalui pemanfaatan media-media tersebut pesan dakwah akan sampai kepada masyarakat luas, tidak hanya seseorang tapi juga sekelompok masyarakat. Salah satu program acara milik stasiun televisi Indosiar yakni program acara “Mamah dan Aa” Beraksi yang memiliki usia lama, menjadi salah satu objek ketertarikan untuk diteliti. Pada penelitian ini peneliti memfokuskan pada pemaknaan penonton terhadap nilai sosial dalam acara “Mamah dan Aa” Beraksi di Indosiar dengan tokoh masyarakat Kebon Agung Tridadi Sleman yang menjadi informannya. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara serta dokumentasi. Lalu menggunakan teori penerimaan pesan untuk mengetahui bagaimana informan memaknai sebuah pesan yang disampaikan pada acara tersebut. Selanjutnya dilakukan proses analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis peroleh dengan menggunakan teori penerimaan pesan dan analisis resepsi dapat disimpulkan bahwa, para informan yaitu tokoh masyarakat ketua RT, ketua RW, kaum rois, dan dukuh menempati pada Posisi Hegemoni dominan. Karena para tokoh masyarakat menerima semua pesan atau isi dakwah yang telah disampaikan dalam acara “Mamah dan Aa” Beraksi di Indosiar. Apapun yang disampaikan acara tersebut juga disukai oleh tokoh masyarakat dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam keluarga dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Khoiro Ummatin, S.Ag, M.Si
Uncontrolled Keywords: pemaknaan, nilai sosial, dan “Mamah dan Aa” Beraksi
Subjects: Komunikasi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Jan 2018 11:51
Last Modified: 22 Jan 2018 11:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29110

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum