IMPLEMENTASI JURNALISME DAMAI PADA SKH REPUBLIKA DAN SKH KOMPAS (STUDI PEMBERITAAN KASUS DUGAAN PENISTAAN AGAMA OLEH AHOK EDISI OKTOBER-NOVEMBER 2016)

IDA FADILAH, NIM. 13210101 (2017) IMPLEMENTASI JURNALISME DAMAI PADA SKH REPUBLIKA DAN SKH KOMPAS (STUDI PEMBERITAAN KASUS DUGAAN PENISTAAN AGAMA OLEH AHOK EDISI OKTOBER-NOVEMBER 2016). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI JURNALISME DAMAI PADA SKH REPUBLIKA DAN SKH KOMPAS (STUDI PEMBERITAAN KASUS DUGAAN PENISTAAN AGAMA OLEH AHOK EDISI OKTOBER-NOVEMBER 2016))
13210101_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (40MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI JURNALISME DAMAI PADA SKH REPUBLIKA DAN SKH KOMPAS (STUDI PEMBERITAAN KASUS DUGAAN PENISTAAN AGAMA OLEH AHOK EDISI OKTOBER-NOVEMBER 2016))
13210101_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Dalam media massa, pemberitaan konflik terutama yang berbaur SARA menjadi isu yang hangat bagi para wartawan ataupun reporter untuk meliputnya. Meskipun pemberitaan mengenai SARA dilarang, namun pers maupun media berkewajiban untuk menyeleksi setiap kejadian dan konflik. Framing atau pembingkaian berita menjadi salah satu cara bagaimana wartawan membingkai dan mengemas peristiwa menjadi berita yang layak dipublikasikan. Terkait pemberitaan SARA, tidak menutup kemungkinan media memiliki keberpihakan. Dalam menyikapi fenomena keberpihakan, peneliti ingin melihat apakah media menjadi peredam konflik dalam pemberitaan atau menjadi pelopor perdamaian. Penelitian ini mengenai kasus dugaan penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang menimbulkan sensitifitas di kalangan masyarakat. Kasus penistaan agama yang terjadi pada saat kunjungan Ahok di Kepulauan Seribu, dalam pernyataan Ahok sebagai berikut: “Bisa saja dalam hati kecil Bapak Ibu nggak bisa pilih saya. Ya kan dibohongi pakai surat Al-Maidah :51 macem-macem itu”. Dalam penelitian ini, SKH Republika dan SKH Kompas menjadi media yang memberitakan kasus penistaan agama dan memiliki pandangan berbeda dalam setiap pemberitaannya. SKH Republika dan SKH Kompas, nantinya akan diteliti menggunakan analisis Robert N. Entman dan menginterpretasikan ke dalam jurnalisme damai. Dari hasil analisis jurnalisme damai, akan dilihat media Republika memiliki pandangan dalam masalah Ahok sebagai masalah hukum dan Kompas mendefinisikan masalah Ahok sebagai masalah SARA dan kepentingan pilkada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Saptoni, S.Ag., M.A.
Uncontrolled Keywords: Media, Pemberitaan Konflik dan SARA, Kasus Dugaan Penistaan Agama, dan Jurnalisme Damai.
Subjects: Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Jan 2018 13:41
Last Modified: 22 Jan 2018 13:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29114

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum