STRATEGI MEMBANGUN DIGITAL ASSET MANAGEMENT (DAM) PENYIARAN TELEVISI KOMUNITAS Studi Kasus di Universitas Brawijaya Televisi (UBTV) Malang

Dinia Saridewi, NIM. 1320011026 (2017) STRATEGI MEMBANGUN DIGITAL ASSET MANAGEMENT (DAM) PENYIARAN TELEVISI KOMUNITAS Studi Kasus di Universitas Brawijaya Televisi (UBTV) Malang. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (STRATEGI MEMBANGUN DIGITAL ASSET MANAGEMENT (DAM) PENYIARAN TELEVISI KOMUNITAS Studi Kasus di Universitas Brawijaya Televisi (UBTV) Malang)
1320011026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI MEMBANGUN DIGITAL ASSET MANAGEMENT (DAM) PENYIARAN TELEVISI KOMUNITAS Studi Kasus di Universitas Brawijaya Televisi (UBTV) Malang)
1320011026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Tantangan yang dihadapi televisi komunitas dalam menghadapi perkembangan teknologi digital televisi baik dari sistem penyiaran, konten siaran, sumberdaya dan upaya pengelolaan aset digital penyiaran menjadi latar belakang penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui strategi yang dilakukan dalam membangun Digital Asset Management (DAM) penyiaran televisi komunitas pada Universitas Brawijaya Televisi (UBTV). Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus. Cara pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan yang dipilih sebanyak 6 orang yang terdiri dari Direktur UBTV, Kepala Library&Traffic Program, Manager Produksi, Manager Teknik, Manager Media Relation, Manager Operasional. Langkah untuk menganalisis data penelitian ini menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi serta penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi dan member check. Analisa penelitian dilakukan dengan mengetahui tahapan strategi, komponen strategi dan skema komunikasi strategi DAM UBTV. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa dalam tahapan strategi DAM UBTV yang pertama yaitu Classify the Organisation diketahui bahwa UBTV diklasifikasikan dalam lima divisi utama yaitu divisi program, divisi produksi, divisi teknik, divisi media relation dan divisi operasional. Adapun tahapan Identify Needs dan Detailed Business Requirements menunjukkan bahwa kebutuhan kapasitas penyimpanan dan kecepatan akses baik metadata maupun aset file digital adalah kebutuhan utama seluruh organisasi UBTV. Hal ini dikarenakan tidak adanya sistem DAM yang dapat mengintegrasikan semua komponen sistem penyiaran. Sistem DAM yang terintegrasi diketahui menjadi tahap Planning For The Future bagi organisasi UBTV. Dalam analisa komponen strategi DAM, pelaksanaan fungsi Media Asset Management sudah dilaksanakan berdasarkan alur kerja produksi dan program penyiaran, meskipun dalam penanganan aset baik ingest file dan input data serta distribusi masih dilakukan secara manual. Content Management yang dikelola oleh Library UBTV diolah kembali oleh divisi media relation untuk penyiaran digital melalui konten Video On Demand dan Streaming Website. Supporting Infrastructur DAM UBTV terkait hardware sudah memenuhi syarat, kecuali masalah kapasitas penyimpanan (storage) yang terbatas, sedangkan support system DAM, yaitu pengadaan software, divisi teknik masih melakukan evaluasi yaitu menggunakan sistem DAM berbayar atau open source.Tahapan dan komponen strategi ini menjadi formula komunikasi strategi DAM yang menyeluruh pada semua komponen organisasi UBTV.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr.Nurdin, S.Ag., SS., MA
Uncontrolled Keywords: Digital Asset Management, Media Asset Management, Content Management, Digital Asset Broadcast Television
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Jan 2018 07:40
Last Modified: 22 Jan 2018 07:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29121

Actions (login required)

View Item View Item