HUBUNGAN ANTARA HARDINESS DAN IKLIM SEKOLAH DENGAN DISIPLIN DIRI PADA SISWA SMK PENERBANGAN AAG ADISUTJIPTO YOGYAKARTA

AZZA AFIRUL AKBAR, NIM. 12710046 (2017) HUBUNGAN ANTARA HARDINESS DAN IKLIM SEKOLAH DENGAN DISIPLIN DIRI PADA SISWA SMK PENERBANGAN AAG ADISUTJIPTO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA HARDINESS DAN IKLIM SEKOLAH DENGAN DISIPLIN DIRI PADA SISWA SMK PENERBANGAN AAG ADISUTJIPTO YOGYAKARTA)
12710046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA HARDINESS DAN IKLIM SEKOLAH DENGAN DISIPLIN DIRI PADA SISWA SMK PENERBANGAN AAG ADISUTJIPTO YOGYAKARTA)
12710046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

This study aims to find out about the relationship between hardiness and school climate with self-discipline in students of SMK Penerbangan AAG Adisutjipto Yogyakarta. The hypothesis in this research is "There is a positive relationship between hardiness and school climate to self-discipline in students of SMK Penerbangan AAG Adisutjipto". The higher the hardiness and the more positive the school climate, the higher the self-discipline, the lower the hardiness and the more negative the school climate, the lower the self-discipline students of SMK Penerbangan AAG Adisutjipto. This study uses the discipline theory put forward by (Marcal, 2006), hardiness by (Maddi, 2013), and school climate by (Freiberg, 2005). The research method used is quantitative and analyzed using statistical techniques of multiple regression analysis or anareg 2 predictors using SPSS 16 for windows. The sample in this study amounted to 219 student of the population amounted to 850 student. The result of this research is that there is a positive correlation between hardiness and school climate to self-discipline at students of SMK Penerbangan AAG Adisutjipto Yogyakarta. The higher the hardiness and the more positive the school climate, the higher the self-discipline, the lower the hardiness and the more negative the school climate, the lower the self-discipline students of SMK Penerbangan AAG Adisutjipto. Hardiness has an effective contribution of 33.4% while the school climate has an effective contribution of 3.8%, meaning hardiness has a greater effective contribution than the school climate. This means that hardiness has a higher relationship with self-discipline than the school climate. ( INDONESIA ) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang hubungan antara hardiness dan iklim sekolah dengan disiplin diri pada siswa SMK Penerbangan AAG Adisutjipto Yogyakarta. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu “Ada hubungan positif antara hardiness dan iklim sekolah terhadap disiplin diri pada siswa SMK Penerbangan AAG Adisutjipto”. Semakin tinggi hardiness dan semakin positif iklim sekolah, maka semakin tinggi pula disiplin diri, sebaliknya semakin rendah hardiness dan semakin negatif iklim sekolah, maka semakin rendah pula disiplin diri siswa SMK Penerbangan AAG Adisutjipto Penelitian ini menggunakan teori disiplin yang dikemukakan oleh (Marcal, 2006), hardiness oleh (Maddi, 2013), dan iklim sekolah oleh (Freiberg, 2005). Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dan dianalisis menggunakan teknik statistika analisis regresi berganda atau anareg 2 prediktor dengan menggunakan program SPSS 16 for windows. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 219 siswa dari populasi yang berjumlah 850 siswa. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa ada hubungan positif antara hardiness dan iklim sekolah terhadap disiplin diri pada siswa SMK Penerbangan AAG Adisutjipto Yogyakarta. Semakin tinggi hardiness dan semakin positif iklim sekolah, maka semakin tinggi pula disiplin diri, sebaliknya semakin rendah hardiness dan semakin negatif iklim sekolah, maka semakin rendah pula disiplin diri siswa SMK Penerbangan AAG Adisutjipto. Hardiness memiliki sumbangan efektif sebesar 33,4% sedangkan iklim sekolah memiliki sumbangan efektif sebesar 3,8%, artinya hardiness memiliki sumbangan efektif lebih besar dibandingkan dengan iklim sekolah. Hal ini berarti bahwa hardiness memiliki hubungan yang lebih tinggi dengan disiplin diri daripada iklim sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Miftahun Ni’mah Suseno, S. Psi., M. A., Psikolog
Uncontrolled Keywords: Self-discipline, Hardiness, School Climate, Disiplin diri, Hardiness, Iklim Sekolah
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 25 Jan 2018 03:04
Last Modified: 25 Jan 2018 03:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29140

Actions (login required)

View Item View Item