UPAYA MENANAMKAN NILAI PERDAMAIAN MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEPANDUAN HIZBUL WATHAN KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH KLECO KOTAGEDE

IMRON MUSTOFA, NIM. 12480067 (2017) UPAYA MENANAMKAN NILAI PERDAMAIAN MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEPANDUAN HIZBUL WATHAN KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH KLECO KOTAGEDE. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENANAMKAN NILAI PERDAMAIAN MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEPANDUAN HIZBUL WATHAN KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH KLECO KOTAGEDE)
12480067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENANAMKAN NILAI PERDAMAIAN MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEPANDUAN HIZBUL WATHAN KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH KLECO KOTAGEDE)
12480067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari keprihatinan atas fenomena kekerasan, baik di dalam masyarakat maupun lingkungan pendidikan. Beberapa kasus bahkan melibatkan pelajar sebagai pelaku dan juga korban. Kegiatan ekstrakurikuler kepanduan Hizbul Wathan merupakan salah satu media yang bisa digunakan untuk menanamkan nilai perdamaian. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui upaya menanamkan nilai perdamaian melalui kegiatan ekstrakurikuler kepanduan Hizbul Wathan di Kelas V SD Muhammadiyah Kleco Kotagede. Selain itu juga untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pananaman nilai perdamaian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara tak berstruktur, dan observasi nonpartisipan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya menanamkan nilai perdamaian melalui kegiatan ekstrakurikuler kepanduan Hizbul Wathan di Kelas V SD Muhammadiyah Kleco Kotagede melalui tujuh cara, yaitu (1) mengadakan rapat Pelatih HW, (2) membangun komunikasi dengan wali siswa, (3) memanfaatkan prinsip sekolah bahwa setiap guru dan karyawan adalah guru agama, (4) memberikan keteladanan kepada Pandu HW, (5) menggunakan stimulus di setiap pembelajaran, (6) memanfaatkan kultur sekolah dan atribut serta kode kehormatan HW, dan (7) melakukan pembiasaan karakter baik dalam kegiatan HW. Adapun faktor pendukung dalam penanaman nilai perdamaian meliputi Pelatih HW yang kompeten dan rasa ingin tahu Pandu Pengenal yang tinggi. Sedangkan faktor penghambatnya adalah lingkungan belajar yang terlampu agresif dan kesulitan Pandu Pengenal dalam memahami materi yang abstrak dan kompleks.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Andi Prastowo, S.Pd.I, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Kepanduan Hizbul Wathan, Nilai Perdamaian
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 25 Jan 2018 11:24
Last Modified: 25 Jan 2018 11:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29143

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum