PENGEMBANGAN BUKU AJAR KETERAMPILAN MENULIS UNTUK SISWA TUNARUNGU KELAS III DI SDLB NEGERI 2 BANTUL

RIKHA RAMADHANIA, NIM. 13480003 (2017) PENGEMBANGAN BUKU AJAR KETERAMPILAN MENULIS UNTUK SISWA TUNARUNGU KELAS III DI SDLB NEGERI 2 BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU AJAR KETERAMPILAN MENULIS UNTUK SISWA TUNARUNGU KELAS III DI SDLB NEGERI 2 BANTUL)
13480003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU AJAR KETERAMPILAN MENULIS UNTUK SISWA TUNARUNGU KELAS III DI SDLB NEGERI 2 BANTUL)
13480003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan buku ajar konvensional yang digunakan oleh siswa tunarungu Kelas III di SDLB Negeri 2 Bantul, (2) menjelaskan proses pengembangan buku ajar keterampilan menulis untuk siswa tunarungu kelas III di SDLB Negeri 2 Bantul, (3) menjelaskan kelayakan buku ajar keterampilan menulis untuk siswa tunarungu kelas III di SDLB Negeri 2 Bantul. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan yang dilakukan mengacu pada 5 tahapan dari ADDIE, yaitu, (1) analisis terhadap masalah dan kebutuhan (analysis), (2) merancang produk awal atau draft buku ajar keterampilan menulis (design), (3) pengembangan buku ajar keterampilan menulis (development), (4) uji coba buku ajar keterampilan menulis (implementation), dan (5) evaluasi produk (evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket penilaian produk dan angket respon siswa. Lembar angket penilaian produk diisi oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, dan 1 guru kelas III SDLB/B. Sementara untuk lembar angket respon siswa diisi melalui uji coba terbatas yang terdiri dari 3 siswa tunarungu. Data skor penilaian produk diolah dengan menggunakan skala Likert dan data respon siswa tunarungu diolah dengan menggunakan skala Guttman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis data, tingkat kelayakan buku ajar keterampilan menulis dapat dilihat dari penilaian buku ajar tersebut dari para ahli, guru kelas, dan respon siswa tunarungu. Adapun hasilnya sebagai berikut: (1) Penilaian buku ajar keterampilan menulis dari ahli materi meliputi aspek isi (materi) memperoleh skor rata-rata 3,69 dengan kategori penilaian baik dan aspek bahasa memperoleh memperoleh skor rata-rata sebesar 3,85 dengan kategori penilaian baik, (2) Penilaian buku ajar keterampilan menulis dari ahli media meliputi aspek penyajian memperoleh skor rata-rata 4,63 dengan kategori penilaian sangat baik dan aspek desain memperoleh skor ratarata 4,60 dengan kategori penilaian sangat baik, (3) penilaian buku ajar keterampilan menulis dari guru kelas III A SDLB/B Negeri 2 Bantul sebelum revisi menunjukakan aspek isi atau materi berkategori baik, aspek bahasa berkategori baik, aspek penyajian berkategori sangat baik, dan aspek penyajian berkategori sangat baik, aspek desain berkategori sangat baik, (4) penilaian buku ajar keterampilan menulis dari guru kelas III A SDLB/B Negeri 2 Bantul setelah revisi menunjukakan aspek isi atau materi berkategori baik, aspek bahasa berkategori baik, aspek penyajian berkategori baik, aspek desain berkategori baik serta (5) Penilaian buku ajar keterampilan menulis dari skor respon siswa tunarungu menunjukkan jumlah skor 27 dan skor rata-rata sebesar 2,7 dengan kategori respon positif. Dengan demikian, buku ajar keterampilan menulis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Maemonah, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Kunci: Pengembangan, Buku Ajar, Keterampilan Menulis, Siswa Tunarungu
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 25 Jan 2018 04:40
Last Modified: 25 Jan 2018 04:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29144

Actions (login required)

View Item View Item