IMPLEMENTASI NILAI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SD NEGERI GEDONGKIWO, MANTRIJERON, YOGYAKARTA

ISTIWI ALFININGTYAS 13480021, NIm. 1348000 (2017) IMPLEMENTASI NILAI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SD NEGERI GEDONGKIWO, MANTRIJERON, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (IMPLEMENTASI NILAI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SD NEGERI GEDONGKIWO, MANTRIJERON, YOGYAKARTA)
13480021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (37MB)
[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI NILAI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SD NEGERI GEDONGKIWO, MANTRIJERON, YOGYAKARTA)
13480021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Masalah lingkungan di Indonesia, sekarang sudah menjadi masalah bagi pemerintah dan masyarakat. Masalah lingkungan memang merupakan masalah yang kompleks dimana lingkungan lebih banyak bergantung kepada tingkah laku manusia yang semakin lama semakin menurun, baik dalam kualitas maupun kuantitas dalam menunjang kehidupan manusia. Kualitas lingkungan hidup sekarang cenderung mengalami penurunan. Kurangnya sikap peduli menjadi salah satu penyebab kerusakan lingkungan. SD Negeri Gedongkiwo adalah sekolah yang berupaya menerapkan pendidikan karakter peduli lingkungan. Untuk menerapkan karakter peduli lingkungan, sekolah mempunyai beberapa program yang diterapkan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi nilai karakter peduli lingkungan di SD Negeri Gedongkiwo serta faktor pendukung dan penghambat implementasi nilai karakter peduli lingkungan di SD Negeri Gedongkiwo Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SD Negeri Gedongkiwo. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan deskriptif kata, atau kalimat, yang disusun secara cermat dan sistematis mulai dari menghimpun data hingga menafsirkan dan melaporkan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Nilai Karakter Peduli Lingkungan di SD Negeri Gedongkiwo, Mantrijeron, Yogyakarta dilaksanakan dengan cara: 1) Perencanaan Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa meliputi program pengembangan diri dan pengintegrasian ke dalam pembelajaran. Program pengembangan diri meliputi kegiatan rutin piket kelas, merawat tanaman dan Jum’at bersih, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengkondisian. Pengintegrasian karakter peduli lingkungan ke dalam pembelajaran. 2) Pengembangan proses pembelajaran di kelas meliputi pembiasaan kebersihan dalam kelas, penggunaan lingkungan sebagai media pembelajaran dan pembelajaran di luar kelas, Pengembangan proses pembelajaran di sekolah dengan lomba kebersihan, dan Pengembangan proses pembelajaran di luar sekolah dengan kegiatan pramuka. 3) Faktor pendukung meliputi kerjasama antara guru dan peserta didik serta sarana prasarana, faktor penghambat meliputi perbedaan sikap peserta didik dan kesadaran guru kurang maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Hidayat, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Peduli Lingkungan.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 25 Jan 2018 11:52
Last Modified: 25 Jan 2018 11:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29145

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum