EFEKTIVITAS METODE CARD SORT DILENGKAPI LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA DI SEKOLAH DASAR

LUTHFIA HANIF EL ISLAM, NIM. 13480027 (2017) EFEKTIVITAS METODE CARD SORT DILENGKAPI LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA DI SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE CARD SORT DILENGKAPI LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA DI SEKOLAH DASAR)
13480027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE CARD SORT DILENGKAPI LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA DI SEKOLAH DASAR)
13480027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk 1) Mengetahui perbedaan pembelajaran IPA dengan metode card sort dilengkapi lingkungan sebagai sumber belajar dibandingkan dengan pembelajaran IPA menggunakan pembelajaran konvesional ditinjau dari pemahaman konsep siswa 2) Mengetahui seberapa besar sumbangan efektivitas pembelajaran IPA dengan metode card sort dilengkapi lingkungan sebagai sumber belajar ditinjau dari pemahaman konsep siswa. Desain Penelitian menggunakan jenis eksperimen semu. Populasi dalam penelitian berjumlah 63 dan menggunakan sampel jenuh dimana seluruh populasi dijadikan sampel. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes uraian. Analisis yang digunakan berupa statistik non-parametrik yaitu uji mann whitney-u dengan data gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat perbedaan pembelajaran IPA menggunakan metode card sort dilengkapi lingkungan sebagai sumber belajar terhadap pemahaman konsep siswa dibandingkan dengan pembelajaran kovensional, hal ini dibuktikan dengan uji Mann Whitney U diperoleh nilai sig 0,000 yang artinya Ha diterima sehingga terdapat perbedaan antara rata-rata pemahaman konsep siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol 2) Besar sumbangan pengaruh efektivitas metode card sort dilengkapi lingkungan sebagai sumber belajar terhadap pemahaman konsep siswa sebesar 0,836 atau setara dengan 83,6% sehingga metode ini cukup efektif dibandingkan dengan pembelajaran kovensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Fitri Yuliawati, M,Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Card Sort, Pemahaman Konsep, Pembelajaran IPA
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 25 Jan 2018 06:28
Last Modified: 25 Jan 2018 06:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29146

Actions (login required)

View Item View Item