PENANAMAN NILAI KARAKTER RELIGIUS MELALUI SISTEM PENDIDIKAN FULL DAY SCHOOL PADA PESERTA DIDIK KELAS V DI SDIT AR-RAIHAN BANTUL

RIFA ARDIYANTO, NIM. 13480038 (2017) PENANAMAN NILAI KARAKTER RELIGIUS MELALUI SISTEM PENDIDIKAN FULL DAY SCHOOL PADA PESERTA DIDIK KELAS V DI SDIT AR-RAIHAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (PENANAMAN NILAI KARAKTER RELIGIUS MELALUI SISTEM PENDIDIKAN FULL DAY SCHOOL PADA PESERTA DIDIK KELAS V DI SDIT AR-RAIHAN BANTUL)
13480038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (19MB)
[img]
Preview
Text (PENANAMAN NILAI KARAKTER RELIGIUS MELALUI SISTEM PENDIDIKAN FULL DAY SCHOOL PADA PESERTA DIDIK KELAS V DI SDIT AR-RAIHAN BANTUL)
13480038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk 1) Mengetahui strategi dan metode untuk menanamkan nilai Karakter religius di SDIT Ar-Raihan 2) Mengetahui hasil penanaman nilai karakter religius siswa SDIT Ar-Raihan. 3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan penanaman nilai karakter religius Peneliti menggunakan jenis penelitian studi kasus. Metode penelitian ini adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci.Teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model-model Miles dan Huberman yang terdiri dari data reduksi, data display, conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi penanaman karakter religius di SDIT Ar-Raihan meliputi (1) memberikan informasi yang rasional (2) Merumuskan kebijakan dan peraturan (3) mengkomunikasikan secara terus menerus tentang pendidikan karakter (4) guru sebagai model teladan. Metode yang digunakan adalah (1) penempelan spanduk dan poster (2) pemberian reward/ hadiah bagi siswa yang berprestasi (3) penegakan nilai kedisiplinan (4) memberikan penguatan nilai moral 5) memberikan bimbingan dan konseling nilai karakter Religius. Strategi dan model yang telah diterapkan tersebut menghasilkan siswa yang (1) mengimani rukun iman (2) memiliki sikap amr ma’ruf nahi munkar (3) memiliki perasaan dalam keberagamaan (4) memiliki pengetahuan tentang ilmu fiqih Quran Hadits dan sejarah kebudayaan islam (5) memiliki motivasi sosial. Semua itu bisa terwujud karena didukung dengan adanya beberapa faktor diantaranya (1) peran komunikasi sekolah dengan orang tua (2) Sarana prasarana sekolah yang memadai (3) Budaya dan kebijakan dalam pembiasaan di sekolah. Meskipun begitu tentunya ada faktor yang menghambat dalam penanaman nilai karakter religius yaitu adanya perbedaan latar belakang peserta didik yang cukup besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Andi Prastowo, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, SDIT Ar-Raihan, Karakter Religius, Full Day School.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 25 Jan 2018 06:38
Last Modified: 25 Jan 2018 06:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29147

Actions (login required)

View Item View Item