PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI PADA TEMA JENIS-JENIS PEKERJAAN KELAS IV MI MAARIF GIRILOYO 1

DIYAH AYU ARTARINI, NIM. 13480042 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI PADA TEMA JENIS-JENIS PEKERJAAN KELAS IV MI MAARIF GIRILOYO 1. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI PADA TEMA JENIS-JENIS PEKERJAAN KELAS IV MI MAARIF GIRILOYO 1)
13480042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (25MB)
[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI PADA TEMA JENIS-JENIS PEKERJAAN KELAS IV MI MAARIF GIRILOYO 1)
13480042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui segala aspek tentang media yang digunakan dalam meningkatkan kemampuan menulis narasi materi pelajaran Bahasa Indonesia terhadap peserta didik (2) mengetahui sejauh mana proses penggunaan produk media puzzle terhadap pengembangan dan peningkatan keterampilan menulis narasi peserta didik (3) mengetahui apakah produk media puzzle dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi (4) mengetahui penilaian, tanggapan, respon, serta kesimpulan ahli media, ahli materi, peer reviewer, guru kelas, dan peserta didik kelas IV terhadap media yang peneliti gunakan, yakni media puzzle. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui segala aspek tentang pengembangan media puzzle untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Ma’arif Giriloyo; (2) mengetahui proses atau langkah-langkah penggunaan media puzzle dalam mengembangakan serta meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi peserta didik di kelas IV MI Ma’arfi Giriloyo; (3) mengetahui penilaiana, tanggapan, serta respon ahli media, ahli materi, peer reviewer, guru kelas, dan peserta didik kelas IV terhadap media yang peneliti gunakan, yakni media puzzle. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian Research & Devolepment dengan model pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari sepuluh tahap, dan peneliti menyisakan tiga tahap paling akhir. Model instrumen penilaian yang digunakan yaitu lembar skala penilaian. Media pengembangan puzzle ini dinilai oleh ahli media, ahli materi, peer reviewer, guru kelas. Adapun respon keseluruhan peserta didik peneliti libatkan pula dengan menggunakan metode check list. Perolehan nilai data yang berbentuk kuantitatif ini peneliti ubah menjadi data kualitatif untuk kemudian dianalisis pada setiap aspek penilaiannya. Lalu, skor terakhir yang diperoleh, dikonversi menjadi tingkat kelayakan produk secara kuantitatif. Adapun hasil dari penelitian ini adalah produk puzzle yang digunakan untuk mengembangkan serta meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi peserta didik kelas IV MI Ma’arif Giriloyo. Hasil penilaian dari ahli media adalah Sangat Baik (SB) dengan jumlah skor 4,5, hasil ahli materi Sangat Baik (SB) dengan skor 4,35, hasil peer reviewer Sangat Baik (SB) dengan skor 4,75, dan guru kelas dengan skor. Hasil penilaian dari respon keseluruhan peserta didik adalah 100% dengan skor rata-rata 5. Keterbatasan penelitian ini adalah menggunakan media puzzle hanya satu macam dengan empat bagian yang dipisah. Namun, walaupun begitu, kelebihan penelitian ini, sesuai dengan hasil persentase yang yang mendekati nilai maksimal, adalah bisa digunakan peserta didik di ruang dan waktu yang berbeda dengan tanpa bimbingan langsung oleh guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Fitri Yuliawati
Uncontrolled Keywords: Media, Puzzle, Bahasa Indonesia, Menulis Narasi
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 25 Jan 2018 06:46
Last Modified: 25 Jan 2018 06:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29149

Actions (login required)

View Item View Item