PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MENGGUNAKAN MEDIA FILM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS III SD N 2 SANDEN

WAHYUNI, NIM. 13480046 (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MENGGUNAKAN MEDIA FILM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS III SD N 2 SANDEN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MENGGUNAKAN MEDIA FILM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS III SD N 2 SANDEN)
13480046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MENGGUNAKAN MEDIA FILM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS III SD N 2 SANDEN)
13480046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan keterampilan menulis narasi menggunakan media film mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas III SD N 2 Sanden; (2) mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi media film untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas III SD N 2 Sanden Bantul Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode: tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik statistik deskriptif yaitu dengan mencari nilai rata-rata menulis narasi siswa. Yang hasilnya nilai adalah Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) meningkatnya keterampilan menulis narasi siswa kelas III SD N 2 Sanden. Peningkatan keterampilan menulis narasi ditunjukkan dengan nilai rata-rata keterampilan menulis narasi siswa yang pada pra tindakan sebesar 55,21. Dengan nilai yang semula antara lain: siswa yang mempunyai nilai 0-39 sebanyak 1 orang, siswa yang mempunyai nilai 40-55 sebanyak 11 orang, siswa yang mempunyai nilai 56-65 sebanyak 8 orang, siswa yang mempunyai nilai 66-79 sebanyak 3 orang, sedangkan tidak ada satupun siswa yang mencapai nilai 80-100. Meningkat dengan nilai rata-rata menjadi 75,14 (berada pada kategori “baik”). Dengan data, siswa yang mendapat nilai 80-100 sebanyak 5 siswa, siswa yang mendapat nilai 66-79 sebanyak 15 siswa, siswa yang mendapat nilai 56-65 sebanyak 3 siswa, (2) faktor penghambat dalam implementasi ini adalah penghambat dalam penggunaan media film untuk materi menulis narasi pada penelitian tindakan kelas seperti: tidak semua materi dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat menggunakan media film, kurangnya sarana dan prasarana khususnya LCD yang ada di SD N 2 Sanden, tidak semua tenaga pengajar memiliki keterampilan dalam menggunakan media dalam proses belajar mengajar. Dan faktor pendukungnya adalah dengan adanya media dapat meningkatkan motivasi dan merangsang siswa untuk belajar. Media akan merangsang berbagai indera siswa untuk bisa memahaminya. Semakin banyak indera yang digunakan, maka semakin banyak dan akurat pembelajaran yang dipahaminya dan akan tahan lama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Fitri Yuliawati, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: menulis narasi, media film, Bahasa Indonesia
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 25 Jan 2018 06:51
Last Modified: 25 Jan 2018 06:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29150

Actions (login required)

View Item View Item