PENGELOLAAN KELAS MELALUI PENDEKATAN IKLIM SOSIAL EMOSIONAL DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS III DI SD N PERCOBAAN 2 SLEMAN

SOFIYA AUWALIYA, NIM. 13480054 (2017) PENGELOLAAN KELAS MELALUI PENDEKATAN IKLIM SOSIAL EMOSIONAL DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS III DI SD N PERCOBAAN 2 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGELOLAAN KELAS MELALUI PENDEKATAN IKLIM SOSIAL EMOSIONAL DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS III DI SD N PERCOBAAN 2 SLEMAN)
13480054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGELOLAAN KELAS MELALUI PENDEKATAN IKLIM SOSIAL EMOSIONAL DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS III DI SD N PERCOBAAN 2 SLEMAN)
13480054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Proses pembelajaran tidak akan berlangsung secara baik tanpa adanya pendekatan dan pengelolaan yang diterapkan oleh guru. Guru kelas III B di SD N Percobaan 2 Sleman Yogyakarta menggunakan pengelolaan kelas melalui pendekatan iklim sosial emosional yang dilakukan secara personal sehingga proses pembelajaran berlangsung dengan baik dan menumbuhkan minat belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan kelas melalui pendekatan iklim sosial emosional dalam menumbuhkan minat belajar yang diterapkan oleh guru kelas III B di SD N Percobaan 2 Sleman Yogyakarta, serta mengungkapkan faktor pendukung dan penghambat pengelolaan kelas melalui pendekatan iklim sosial emosional dalam menumbuhkan minat belajar IPS kelas III B di SD N Percobaan 2 Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil tempat di SD N Percobaan 2 Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan melakukan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru kelas III B menggunakan pengelolaan kelas melalui pendekatan iklim sosial emosional dengan menggunakan pendekatan secara personal kepada peserta didiknya untuk mengkondisikan proses pembelajaran dan menggunakan pendekatan terhadap wali murid peserta didik untuk memperoleh informasi karakteristik dari peserta didik. (2) Dengan adanya pendekatan secara personal peserta didik merasa senang dan nyaman saat kegiatan pembelajran berlangsung sehingga proses pembelajaran berjalan secara baik dan menumbuhkan minat belajar peserta didik khususnya pada mata pelajaran IPS dengan hasil rata-rata semester 1 83 dan semester II 85. (3) Faktor pendukung terlakasananya pengelolaan kelas melalui pendekatan iklim sosial emosional adalah guru yang memiliki rasa peduli, tekun dan ulet dalam pengkondisian kelas saat pembelajaran maupun diluar pembelajaran berlangsung, peserta didik yang akrab dengan guru lebih mudah dikondisikan. Faktor penghambat adalah perkembangan teknologi yang memberikan dampak negatif terhadap peserta didik, dan usian peserta didik yang sedang pada fase bermain

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Hj Asnafiyah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Pengelolaan Kelas, Minat Belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 25 Jan 2018 06:59
Last Modified: 25 Jan 2018 06:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29151

Actions (login required)

View Item View Item