PENGELOLAAN BUDAYA MUTU PEMBELAJARAN DALAM MEMPERTAHANKAN PRESTASI DI SD MUHAMMADIYAH 1 ALTERNATIF KOTA MAGELANG

Evi Tri Utami, NIM. 13480055 (2017) PENGELOLAAN BUDAYA MUTU PEMBELAJARAN DALAM MEMPERTAHANKAN PRESTASI DI SD MUHAMMADIYAH 1 ALTERNATIF KOTA MAGELANG. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGELOLAAN BUDAYA MUTU PEMBELAJARAN DALAM MEMPERTAHANKAN PRESTASI DI SD MUHAMMADIYAH 1 ALTERNATIF KOTA MAGELANG)
13480055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (PENGELOLAAN BUDAYA MUTU PEMBELAJARAN DALAM MEMPERTAHANKAN PRESTASI DI SD MUHAMMADIYAH 1 ALTERNATIF KOTA MAGELANG)
13480055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Masalah rendahnya mutu pendidikan di Indonesia tidak terlepas dari proses pendidikan yang ada di sekolah. Inti dari proses pendidikan adalah pembelajaran peserta didik. Proses pembelajaran ini mencakup sejumlah unsur utama yang mendasar yang membentuk mutu pembelajaran. SD Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang merupakan lembaga pendidikan formal yang mampu mengelola budaya mutu pembelajaran dengan baik, sehingga prestasi yang diraih dapat bertahan selama 9 tahun berturut-turut. Hal inilah yang membuat peneliti tertarik untuk meneliti pengelolaan budaya mutu pembelajaran yang ada di SD Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang sehingga prestasi yang diraih dapat selalu bertahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan budaya mutu pembelajaran yang berlangsung di SD Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang, bagaimana pengelolaan pembelajaran yang ditetapkan, serta faktor pendukung dan penghambat dari terlaksananya pembelajaran berlangsung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil tempat di SD Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengelolaan siswa tes penerimaan siswa baru dengan tes psikologi dan penempatan kelas menggunakan sistem Passing grade. (2) pengelolaan guru setiap seminggu sekali diadakan rapat evaluasi dan pembagian tugas guru yang jelas. (3) pengelolaan pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan standar proses pembelajaran yang ditetapkan dalam permendikbud No. 22 tahun 2016 (4) faktor pendukung terlaksananya pembelajaran yaitu tenaga pendidik, pemahaman peserta didik, Reward dan Punishment, Sarana prasarana, keaktifan orang tua peserta didik program les swadana dan swadaya dan metode dan strategi pembelajaran. Faktor penghambat terlaksananya kebijakan kepala sekolah yaitu peserta didik karena kemampuan anak yang heterogen dan fasilitas sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Hj. Asnafiyah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Mutu Pembelajaran
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 26 Jan 2018 00:52
Last Modified: 26 Jan 2018 00:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29153

Actions (login required)

View Item View Item