PERAN KELUARGA DALAM MENANAMKAN RELIGIUSITAS ANAK (STUDI KASUS DUA KELUARGA DI DESA CIKEDOKAN KABUPATEN BEKASI)

IRA KARIMAH, NIM. 13480056 (2017) PERAN KELUARGA DALAM MENANAMKAN RELIGIUSITAS ANAK (STUDI KASUS DUA KELUARGA DI DESA CIKEDOKAN KABUPATEN BEKASI). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PERAN KELUARGA DALAM MENANAMKAN RELIGIUSITAS ANAK (STUDI KASUS DUA KELUARGA DI DESA CIKEDOKAN KABUPATEN BEKASI))
13480056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PERAN KELUARGA DALAM MENANAMKAN RELIGIUSITAS ANAK (STUDI KASUS DUA KELUARGA DI DESA CIKEDOKAN KABUPATEN BEKASI))
13480056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Tarbiyah dan KeguruanUIN Sunan Kalijaga, 2017. Latar belakang penelitian ini, keluarga tempat pendidikan pertama dan utama bagi seseorang, serta orang tua sebagai kuncinya. Dua keluarga yang memiliki karakter yang berbeda dalam mendidik anak tetapi mempunyai tujuan yang sama. Memiliki anak yang berakhak baik, rajin ibadah, sopan santun, ramah, taat pada kedua orang tua, disiplin, dan moral yang baik. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana peran dua keluarga dalam menanamkan religiusitas anak. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui peran dua keluarga dalam menanamkan religiusitas anak dan kendala-kendala apa saja yang dihadapi dua keluarga dalam menanamkan religiusitas anak di Desa Cikedokan Kabupaten Bekasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat kuliatatif. Qualitative research, untuk mendeskripsikan dan menganalisis phenomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, presepsi pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Dengan subjek penelitian anggota dua keluarga, ayah, Ibu, anak, kakek, nenek, guru kelas, guru mengaji, tetangga keluarga, dan teman anak. pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian antara lain: (1) peran dua keluarga dalam menanamkan religiusitas anak adalah pendidikan akhlak, penanaman pendidikan agama Islam, pendampingan dan perhatian, kasih sayang kepada anak, melatih kemandirian, disiplin dan tanggung jawab. (2) kendala-kendala yang dihadapi dua keluarga dalam menanamkan religiusitas anak adalah faktor internal perkembangan emosi, perkemabangan masa akhir anak dan faktor eksternal pembagaian waktu kerja dan waktu keluarga pengaruh perkemabangan lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra Siti Johariyah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Keluarga, Penanaman Akhlak
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 26 Jan 2018 00:57
Last Modified: 26 Jan 2018 00:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29154

Actions (login required)

View Item View Item