KEBIJAKAN MADRASAH BERBASIS ADIWIYATA SEBAGAI SARANA MENGEMBANGKAN KECERDASAN EKOLOGIS SISWA DI MIN 4 GUNUNGKIDUL

ALIFA EKA SASMITA, NIM. 13480059 (2017) KEBIJAKAN MADRASAH BERBASIS ADIWIYATA SEBAGAI SARANA MENGEMBANGKAN KECERDASAN EKOLOGIS SISWA DI MIN 4 GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KEBIJAKAN MADRASAH BERBASIS ADIWIYATA SEBAGAI SARANA MENGEMBANGKAN KECERDASAN EKOLOGIS SISWA DI MIN 4 GUNUNGKIDUL)
13480059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (26MB) | Preview
[img] Text (KEBIJAKAN MADRASAH BERBASIS ADIWIYATA SEBAGAI SARANA MENGEMBANGKAN KECERDASAN EKOLOGIS SISWA DI MIN 4 GUNUNGKIDUL)
13480059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (8MB)

Abstract

Manusia dan lingkungan hidup memiliki hubungan yang saling ketergantungan dan timbal balik. Perilaku buruk manusia dari tindakan sehari-hari hingga industri mengakibatkan kerusakan lingkungan hidup. Oleh karena itu, diperlukan adanya pengendalian melalui pendidikan lingkungan hidup dan penanaman rasa empati dan kepedulian terhadap lingkugan sejak sedini mungkin. Upaya tersebut akan lebih efektif dan berkelanjutan apabila dilaksanakan di sekolah atau madrasah. Berdasarkan latar belakang diatas rumusan masalah adalah 1) Bagaimana proses kebijakan madrasah berbasis Adiwiyata di MIN 4 Gunungkidul, 2) Bagaimana proses kebijakan madrasah berbasis Adiwiyata sebagai sarana mengembangkan kecerdasan ekologis siswa di MIN 4 Gunungkidul, 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat kebijakan madrasah berbasis Adiwiyata sebagai sarana mengembangkan kecerdasan ekologis siswa di MIN 4 Gunungkidul. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Tempat yang digunakan untuk penelitian adalah di MIN 4 Gunungkidul yang terletak di Semenrejo, Pulutan, Wonosari, Gunungkidul. Subjek penelitian dalam penelitian ini meliputi Kepala madrasah, Koordinator Tim Adiwiyata, Guru dan Anggota TIM Adiwiyata, dan beberapa siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, data reduction, data display, dan conclusion drawing. Teknik pemeriksaan data dengan cara menggabungkan berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada. Adapun triangulasi yang digunakan dalam penelitian adalah triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan kebijakan madrasah yang diterapkan di MIN 4 Gunungkidul adalah kebijakan yang berbasis Adiwiyata. Kebijakan Adiwiyata merupakan segala bentuk keputusan dan aturan untuk berwawasan dan berbudaya peduli terhadap lingkungan hidup dalam semua aspek ketetapan dan kegiatan madrasah. Kebijakan Adiwiyata dilakukan melalui tahap formulasi, implementasi dan evaluasi. Kebijakan Adiwiyata bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan ekologis siswa di MIN 4 Gunungkidul. Kebijakan Adiwiyata bertujuan untuk membentuk generasi yang memiliki kecerdasan ekologis, bebudaya dan ramah lingkungan. Proses pengembangan kecerdasan ekologis melalui kebijakan Adiwiyata dilakukan dengan program-program yang berbentuk pembiasaan, keteladanan dan integrasi terhadap lingkungan hidup dalam semua aspek kegiatan madrasah. Faktor pendukung kebijakan Adiwiyata sebagai sarana mengembangkan kecerdasan ekologis siswa antara lain motivasi, kerjasama tim, antusiasme siswa, lokasi madrasah, inovasi dan kreativitas, serta sarana dan prasarana madrasah. Faktor penghambatnya antara lain keterbatasan waktu, rendahnya kesadaran orangtua, kurangnya sarana prasarana dan kurangnya kedisiplinan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Andi Prastowo, S.Pd.I, M.Pd.I,
Uncontrolled Keywords: Kebijakan, Adiwiyata, Kecerdasan Ekologis
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 26 Jan 2018 01:06
Last Modified: 29 Aug 2018 01:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29155

Actions (login required)

View Item View Item