PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE STUDENT ACHIEVEMENT DEVISION (STAD) UNTUK MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN BELAJAR KELAS V-B DI MIN 1 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2016/2017

HANIFAH TRI ASTUTI, NIM. 13480066 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE STUDENT ACHIEVEMENT DEVISION (STAD) UNTUK MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN BELAJAR KELAS V-B DI MIN 1 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE STUDENT ACHIEVEMENT DEVISION (STAD) UNTUK MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN BELAJAR KELAS V-B DI MIN 1 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2016/2017)
13480066_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (16MB)
[img]
Preview
Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE STUDENT ACHIEVEMENT DEVISION (STAD) UNTUK MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN BELAJAR KELAS V-B DI MIN 1 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2016/2017)
13480066_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tugas guru bukan sekedar bagaimana menyampaikan pembelajaran agar menarik sehingga peserta didik mencapai prestasi akademik yang memuaskan, tetapi perlu pula diupayakan bagaimana agar peserta didik dapat belajar sendiri berdasarkan kesadaran dan kepercayaan dirinya tanpa banyak tergantung kepada guru atau orang lain. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif learning tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) untuk menumbuhkan kemandirian belajar peserta didik di kelas V B MIN 1 Bantul, (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan model pembelajaran STAD. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil tempat di MIN 1 Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik kelas V B MIN 1 Bantul memiliki tiga tahapan yaitu, persiapan sebelum kegiatan, pelaksanaan kegiatan STAD, dan kegiatan setelah STAD. Model pembelajaran ini juga bertujuan untuk menumbuhkan kemandirian belajar. Dengan STAD ini peserta didik diajarkan untuk belajar sendiri, mencari informasi sendiri dan bertanggung jawab. (2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan kegiatan adalah keaktifan dan antusias peserta didik, konsep pembelajaran yang mudah dipahami, kegiatan yang menyenangkan dan menantang, dan adanya evaluasi di akhir kegiatan. Adapun faktor penghambat pembelajaran STAD adalah waktu pembuatan, sumber belajar yang kurang memadai, kurangnya pengawasan guru, dan peserta didik yang asik bermain dan ngobrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Siti Johariyah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, kemandirian belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 26 Jan 2018 01:19
Last Modified: 26 Jan 2018 01:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29157

Actions (login required)

View Item View Item