KONTRIBUSI KEPRIBADIAN GURU KELAS DALAM MEMOTIVASI PERTUMBUHAN KARAKTER SISWA KELAS V B DI MIN 1 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2016/2017

ARMEIDA EKA ARIANTI, NIM. 13480068 (2017) KONTRIBUSI KEPRIBADIAN GURU KELAS DALAM MEMOTIVASI PERTUMBUHAN KARAKTER SISWA KELAS V B DI MIN 1 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KONTRIBUSI KEPRIBADIAN GURU KELAS DALAM MEMOTIVASI PERTUMBUHAN KARAKTER SISWA KELAS V B DI MIN 1 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2016/2017)
13480068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (KONTRIBUSI KEPRIBADIAN GURU KELAS DALAM MEMOTIVASI PERTUMBUHAN KARAKTER SISWA KELAS V B DI MIN 1 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2016/2017)
13480068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah melihat kondisi dan situasi sosial, kultural masyarakat akhir-akhir ini semakin mengkhawatirkan. Pengaruh keterbukaan informasi yang tidak dikelola dengan bijak menjadi penyebab dari fenomena penurunan kualitas relasi sosial dan rendahnya akhlak saat ini, yang sering dipertontonkan di media massa. Perbuatan a-susila kepada anak-anak yang dilakukan secara keji baik oleh orang dewasa maupun oleh sesama anak di bawah umur sungguh mengguncang sendi-sendi martabat kemanusiaan. Sehingga menjadi seorang guru di era globalisasi tidak mudah. Tidak hanya cakap dalam memberikan materi pelajaran di depan kelas, guru juga dituntut mempunyai kecakapan yang lain mulai dari peguasaan materi pelajaran secara menyeluruh, kedalaman spiritual serta kepeduliaan dengan lingkungan dan masyarakat yang tinggi. Kompetensi kepribadian guru selalu menggambarkan prinsip bahwasannya guru adalah sosok yang patut digugu dan ditiru. Dengan kata lain, guru menjadi suri teladan bagi siswa atau guru menjadi sumber dasar bagi siswa, apalagi untuk jenjang pendidikan dasar atau taman kanak-kanak. Karena anak berbuat dan berperilaku cenderung mengikuti apa yang dilihat dan didengarnya. Masa-masa ini, anak lebih bersifat meniru apa yang dilihat dan didengarnya. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana karakter siswa kelas V B, 2) bagaimana kontribusi kepribadian guru kelas dalam merangsang pertumbuhan karakter siswa kelas V B di MIN 1 Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang menggunakan informasi yang diperoleh dari sasaran penelitian yang selanjutnya disebut informan atau responden melalui instrumen pengumpulan data seperti metode wawancara, observasi, dan metode dokumentasi. Adapun untuk proses analisis data dalam penelitian ini menggunkan analisis data yaitu aktivitas dalam analisis data secara interaktif dan berlangsung secara terus-menerus sampai tuntas, sehingga datanya sudah jenuh. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) nilai-nilai karakter siswa kelas V B yaitu: a) nilai religius, b) jujur, c) toleransi, d) displin, e) kreatif, f) mandiri, g) rasa ingin tahu, h) bersahabat, i) peduli lingkungan, j) tanggungjawab, k) rasa percaya diri. 2) kontribusi kepribadian guru kelas dalam merangsang pertumbuhan karakter siswa kelas V B di MIN 1 Bantul yaitu: dengan guru berada di dalam kelas, guru di luar kelas, maupun dalam suatu kegiatan lainnya. Dimanapun guru berada harus berperilaku dan bersikap baik, karena sosok guru akan digugu dan ditiru oleh siswanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Siti Johariyah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kontribusi Kepribadian Guru, Pertumbuhan Karakter Siswa
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 26 Jan 2018 01:27
Last Modified: 26 Jan 2018 01:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29158

Actions (login required)

View Item View Item