HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP PERAN ORANG TUA DENGAN PERILAKU CYBERBULLYING PADA REMAJA

INDAH DWI CAHYA IZZATI, NIM. 13710013 (2017) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP PERAN ORANG TUA DENGAN PERILAKU CYBERBULLYING PADA REMAJA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP PERAN ORANG TUA DENGAN PERILAKU CYBERBULLYING PADA REMAJA)
13710013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP PERAN ORANG TUA DENGAN PERILAKU CYBERBULLYING PADA REMAJA)
13710013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Internet can facilitate human to access various kinds of information, on the other side of internet also can give negative impact because can be used as media to perform action cyberbullying especially among adolescent. The success of parents in carrying out their role in the family becomes an important factor in overseeing various youth activities including cyberbullying. This study aims to determine the relationship between the role of parents and cyberbullying behavior in teens. The hypothesis proposed in this study is there is a negative relationship between the role of parents with cyberbullying behavior. The sample in this research is 58 students. The method used is cyberbullying scale and parent role scale. Data analysis technique used in this research is pearson product moment and done with SPSS (Statistical Package for Social Science). The statistical results show the value of r = -0,386 and p = 0,001 (p0,05), meaning there is a very significant negative relationship between the role of parents with cyberbullying behavior and thus the hypothesis accepted. Contribution of parent role variable to cyberbullying behavior variable in this research is shown by R squared value equal to 0,149. This means that the role of parents to give effective contribution of 14.9% of cyberbullying behavior and 85.1% the rest influenced by other factors. ( INDONESIA ) Internet dapat memudahkan manusia untuk mengakses berbagai jenis informasi, di sisi lain internet juga dapat memberikan dampak negatif karena bisa digunakan sebagai media untuk melakukan tindakan cyberbullying khususnya dikalangan remaja. Keberhasilan orang tua dalam menjalankan perannya di keluarga menjadi faktor penting dalam mengawasi berbagai aktifitas remaja termasuk cyberbullying. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara peran orang tua dan perilaku cyberbullying pada remaja. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara peran orang tua dengan perilaku cyberbullying. Sampel dalam penelitian ini adalah 58 orang siswa. Metode yang digunakan adalah pengisian skala cyberbullying dan skala peran orang tua. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pearson product moment dan dilakukan dengan bantuan SPSS (Statistical Package for Social Science). Hasil statistik menunjukkan nilai r = -0,386 dan p = 0,001 (p<0,05), artinya ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara peran orang tua dengan perilaku cyberbullying dan dengan demikian hipotesis diterima. Kontribusi variabel peran orang tua terhadap variabel perilaku cyberbullying dalam penelitian ini ditunjukkan dengan nilai R squared sebesar 0,149. Artinya peran orang tua memberikan sumbangan efektif sebesar 14,9% terhadap perilaku cyberbullying dan 85,1% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Zidni Imawan Muslimin, S.Psi., M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Cyberbullying Behavior, Perception Role of Parents, Teens, Perilaku Cyberbullying, Persepsi Peran Orang Tua, Remaja
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 26 Jan 2018 02:58
Last Modified: 26 Jan 2018 02:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29166

Actions (login required)

View Item View Item