PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV SD NEGERI GROGOL BANTUL

TRI AGUSTINA, NIM. 13480112 (2017) PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV SD NEGERI GROGOL BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV SD NEGERI GROGOL BANTUL)
13480112_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (26MB)
[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV SD NEGERI GROGOL BANTUL)
13480112_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan merupakan sebuah konsep pembelajaran yang mengidentikkan lingkungan sebagai salah satu sumber belajar. Konsep pembelajaran tersebut sangat cocok diterapkan pada Kurikulum 2013 SD/MI, karena lingkungan sekitar dapat memberikan kontribusi yang positif/baik bagi pembelajaran, antara lain meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, mengembangkan sikap dan karakter siswa serta menambah pengetahuan/wawasan yang luas dan memberikan pengalaman belajar yang nyata. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses pembelajaran tematik dengan pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar untuk kelas IVA di SD Negeri Grogol Bantul; dan (2) bagaimana pengaruh pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar tematik terhadap hasil belajar, motivasi belajar, pengembangan sikap dan karakter bagi siswa kelas IVA di SD Negeri Grogol Bantul. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi (triangulasi teknik). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Grogol Bantul, yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2016/2017. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran tematik, hasil wawancara dengan guru, siswa dan kepala sekolah, catatan lapangan untuk mencatat kejadian/keadaan saat proses pembelajaran berlangsung, dan dokumentasi. Hasil penelitian tentang pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar dalam pembelajaran tematik siswa kelas IVA SD Negeri Grogol Bantul yaitu pelaksanaan pembelajaran tematik ini, guru merancang perencanaan (RPP) dan pelaksanaan yang meliputi kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Proses pemanfaatan lingkungan ini dilakukan di berbagai lokasi di lingkungan sekitar sekolah. Hasil penelitian yang lain yaitu dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar baik dilihat dari aspek sikap (spiritual dan sosial), pengetahuan dan keterampilan, serta mampu mengembangkan sikap dan karakter siswa dan mampu menambah wawasan dan pengalaman belajar yang konkret/nyata bagi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Hj. Asnafiyah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Sekitar, Sumber Belajar, dan Pembelajaran Tematik.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 26 Jan 2018 06:37
Last Modified: 26 Jan 2018 06:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29171

Actions (login required)

View Item View Item