KONSEP BAROKAH MENURUT SANTRI MADRASAH HUFFADH 1 PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK, YOGYAKARTA (Telaah Epistemologi)

IMAM TABRONI, NIM. 11510026 (2017) KONSEP BAROKAH MENURUT SANTRI MADRASAH HUFFADH 1 PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK, YOGYAKARTA (Telaah Epistemologi). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KONSEP BAROKAH MENURUT SANTRI MADRASAH HUFFADH 1 PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK, YOGYAKARTA (Telaah Epistemologi))
11510026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KONSEP BAROKAH MENURUT SANTRI MADRASAH HUFFADH 1 PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK, YOGYAKARTA (Telaah Epistemologi))
11510026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Dalam dunia pesantren, barokah merupakan sesuatu yang sakral dan semua santri ingin mendapatkanya. Bahkan, bukan hanya santri, orang-orang biasa (selain santri) pun sangat mengaharapkan barokah dari seorang kiai/ustad karena kiai diyakini mampu mengalirkan barokah yang diberikan oleh tuhanya. Barokah sebagai orientasi kehidupan dimaknai secara beragam oleh para santri sesuai dengan tingkat pengetahuan yang mereka miliki. Pemaknaan tersebut mengarah kepada sebuah anggapan bahwa kiai merupakan perantara untuk mendapatkan barokah dari Ilahi. Sangat wajar jika para masyarakat juga kepatuhan mereka kepada figur sosok kiai jauh melebihi kepatuhanya pada pejabat, birokrasi atau institusi Negara bahkan banyak yang tingkat kepatuhan dan hormatnya jauh melebihi orangtua sendiri. Orientasi inilah segala aktivitas belajar-mengajar di dunia pesantren tidak lepas dari orientasi pencapaian barokah. Orientasi tersebut terekspresikan dalam pencarian ilmu di pesantren yang “hanya” berorientasi pada “mencari barokah” bukan “mencari ilmu”. Disadari ataupun tidak, Pemaknaan barokah secara langsung berimplikasi terhadap realitas kehidupan bermasyarakat. Berdasarkan masalah tersebut, penulis tertarik mengangkat fenomena ini dan mengambil judul “Konsep Barokah menurut Santri Madrasah Huffadh 1 Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak, Yogyakarta” (Telaah Epistemologi) dengan rumusan masalah: Bagaimana konsep barokah menurut santri Madrasah Huffadh 1 Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak, Yogyakarta? Bagaimana implikasi barokah terhadap santri Madrasah Huffadh 1 Pondok Pesantren Al- Munawwir Krapyak, Yogyakarta? Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui interview/wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif interpretatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa barokah dimaknai secara beragam oleh para santri. Keragaman pemaknaan ini berdasarkan tingkat keilmuan yang dimiliki. Santri sudah mengetahui bahwa barokah tidak datang secara tiba-tiba dan harus memalui usaha yang diyakini sebagai jalan untuk mendapatkan barokah seperti: bertaqwa kepada Allah, rasul-Nya, patuh dan taat kepada kiai, membantu kiai, keluarganya dan keturunanya, mematuhi peraturan pesantren, belajar rajin, tidak nakal, dan tetap istiqomah. Kiai dianggap sosok yang tidak pernah berbohong apalagi menjerumuskan kepada hal-hal yang tidak baik dan kiai juga diyakini menjadi sosok yang mampu menjadi perantara untuk mendapatkan barokah yang sangat diidam-idamkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Muh. Fatkhan, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Konsep barokah, al-Munawir Krapyak
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 29 Jan 2018 03:56
Last Modified: 29 Jan 2018 03:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29180

Actions (login required)

View Item View Item