ISU-ISU KRITIS DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Perspektif Pedagogik Kritis)

Nuryatno, Agus (2010) ISU-ISU KRITIS DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Perspektif Pedagogik Kritis). In: Antologi Pendidikan Islam. Bunga Rampai, 1 (1). Program Pasca Sarjana UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, pp. 211-130. ISBN 9786028869065

[img]
Preview
Image
COVER SUTRISNO 4.jpg - Published Version

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ISU-ISU KRITIS DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Perspektif Pedagogik Kritis))
M. AGUS NURYANTO - ISU-ISU DALAM PENDIDIKAN ISLAM (PERSPEKTIF PEDAGOGIK KRITIS).pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Diskursus pendidikan Islam selama ini sangat kental nuansa normatif..teologisnya, dengan sedikit banyak mengabaikan dimensi sosio-historisnya. Meminjam bahasa Thomas Kuhn (1970), secara konseptual pendidikan Islam barangkali telah menjelma menjadi "normal science" yang mapan, established, dan bebas dari kritik. )ika pendidikan Islam tidak memperluas cakupan diskursifnya maka harapan untuk terjadinya paradigm shift sulit untuk diwujudkan. Pendidikan Islam yang hanya menekankan dirnensi norrnatif-teologis juga tidak akan banyak rnemberikan kontribusi dalam memecahkan persoalan-persolan empiri.&sosiologis yang terjadi dalam kehidupan rnasyarakat kontemporer. Oleh karena itu, perlu memberikan sentuhan-sentuhan pedagogik kritis ke dalam diskursus pendidikan Islam agar vocabulary pendidikan Islam semakin luas mencangkup isuisu sosial kemanusiaan. Dengan menghubungkan dan mendialogkan pendidikan Islam dengan pedagogik kritis diharapkan bisa terwujud apa yang disebut dengan a living Islamic education, pendidikan Islam yang hidup yang di dalamnya mengandung muatan "language of critique" dan "language of possibility".

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: ISU-ISU KRITIS, PENDIDIKAN ISLAM, PEDAGOGIK
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Buku
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Feb 2018 08:58
Last Modified: 02 Feb 2018 08:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29194

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum