SKETSA SEJARAH, GELIAT, DAN DINAMIKA PERAN MADRASAH DALAM MERESPONS TANTANGAN PENDIDIKAN ISLAM Dilema Madrasah dalam Kancah Pendidikan dan Peran Kontributif Madrasah Berbasis Pesantren (MBP)

ARIF, MAHMUD (2010) SKETSA SEJARAH, GELIAT, DAN DINAMIKA PERAN MADRASAH DALAM MERESPONS TANTANGAN PENDIDIKAN ISLAM Dilema Madrasah dalam Kancah Pendidikan dan Peran Kontributif Madrasah Berbasis Pesantren (MBP). In: Antologi Pendidikan Islam. Bunga Rampai, 1 (1). Program Pasca Sarjana UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, pp. 113-166. ISBN 9786028869065

[img]
Preview
Image
COVER SUTRISNO 4.jpg - Published Version

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SKETSA SEJARAH, GELIAT, DAN DINAMIKA PERAN MADRASAH DALAM MERESPONS TANTANGAN PENDIDIKAN ISLAM Dilema Madrasah dalam Kancah Pendidikan dan Peran Kontributif Madrasah Berbasis Pesantren (MBP))
MAHMUD ARIF - SKETSA SEJARAH, GELIAT....pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Istilah madrasah sebagai nama untuk menyebut lembaga pendidikan Islam sudah muncul sejak awal perkembangan peradaban Islam berhasil melintasi teritori Semenanjung Arabia (jazjrah 'Arabiyyah). Dalam catatan sejarah, madrasah pemah menjadi lembaga pendidikan par excellence di dunia Islam, karena kedudukannya yang sedemikian prestisius di mata umat Islam. Melalui lembaga ini, dinamika intelektual-keagamaan mencapai puncaknya, kendati memang eksistensinya belum bisa terlepas sepenuhnya dari campur tangan kepentingan politik penguasa. Dengan kedudukan demikian, sewajarnya jika sebagian ahli mengaitkan kemunculan madrasah dengan kemajuan sejarah dunia Islam.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: SKETSA SEJARAH, GELIAT, PENDDIDIKAN ISLAM
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Buku
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 29 Jan 2018 14:03
Last Modified: 29 Jan 2018 14:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29196

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum