KARAKTERISTIK TAFSIR SUFISTIK FAID AL-RAHMAN FI TARJAMMAH TAFSIR KALAM MALIK AL-MADYAN KARYA MUHAMMAD SHALEH IBN UMAR AL-SAMARANI

AHMAD NURKHOLIS, NIM. 1320511030 (2017) KARAKTERISTIK TAFSIR SUFISTIK FAID AL-RAHMAN FI TARJAMMAH TAFSIR KALAM MALIK AL-MADYAN KARYA MUHAMMAD SHALEH IBN UMAR AL-SAMARANI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KARAKTERISTIK TAFSIR SUFISTIK FAID AL-RAHMAN FI TARJAMMAH TAFSIR KALAM MALIK AL-MADYAN KARYA MUHAMMAD SHALEH IBN UMAR AL-SAMARANI)
1320511030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KARAKTERISTIK TAFSIR SUFISTIK FAID AL-RAHMAN FI TARJAMMAH TAFSIR KALAM MALIK AL-MADYAN KARYA MUHAMMAD SHALEH IBN UMAR AL-SAMARANI)
1320511030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (8MB)

Abstract

Muhammad Shaleh bin Umar al-Samarani adalah seorang ulama memiliki kredibilitas keilmuan yang sangat kuat dan diakui oleh masyarakat luas. Wujud kredibilitasnya tidak hanya berbentuk totalitas pengabdiannya untuk agama dan umat Islam, tetapi juga dalam bentuk karya-karya kitab yang cukup banyak, di antaranya adalah kitab Tafsir Faid al-Rahman fi Tarjamah Tafsir Kalam Malik al-Madyan yang menjadi objek penelitian penulis. Kitab tafsir Faid al-Rahman masih menarik untuk diteliti. Selain karena kehadiran tafsir Faid al-Rahman pada saat itu berada dalam kondisi masyarakat yang sedang terperangkap kolonialisme dan minim wawasan keagamaan, tetapi juga karena pengaruh dimensi sufistiknya yang sangat kental. Oleh karena itu, dalam penelitian ini penulis akan menganalisis dimensi sufistik dan karakter penafsiran sufistik dalam kitab tafsir Faid al-Rahman. Sebuah library research dengan menggunakan teori sosiologi pengetahuan yang dicetuskan oleh Karl Mannheim. Dalam teori ini, Mannheim mengatakan bahwa sebuah pengetahuan terlahir tidak bisa dipisahkan dari konteks sosial masyarakat yang melatarbelakangi munculnya pengetahuan tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada banyak tokoh yang mmepengaruhi penafsiran sufistik Shaleh Darat berdasarkan kitab-kitab yang menjadi rujukan dalam penulisan tafsirnya, yaitu Tafsir al-Kabir karya al-Imam al-Razi, Lubab al-Ta’wil karya al-Imam al-Khazin, Tafsir al-Nasafi, Anwar al-Tanzil wa Asrar al-Ta’wil al-Baidawi, Garaib al-Qur’an wa Garaib al-Furqan karya Hasan al- Naisaburi. Akan tetapi, Ibn ‘Arabi dan Al-Ghazali adalah tokoh yang sangat kental mempengaruhi pemikiran Shaleh Darat karena Ia lebih banyak mengutik pemikiran Ibn ‘Arabi dan Al-Ghazali dari pada yang lainnya. Selanjutnya penulis menemukan tiga karakteristik penafsiran sufistik Shaleh Darat, yaitu memiliki keumuman tiga lapispenafsiran, menafsirkan ayat-ayat hukum dari sudut pandang tasawuf dan menyeimbangkan antara penafsiran sufistik dengan kritik-konstruktif keadaan sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Ishlah Gusmian
Uncontrolled Keywords: Tafsir Sufistik Faid Al-Rahman, Tafsir Kalam Malik Al-Madyan, Muhammad Shaleh Ibn Umar Al-Samarani,
Subjects: Qur'an Hadis
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Agama dan Filsafat
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 30 Jan 2018 02:42
Last Modified: 30 Jan 2018 02:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29207

Actions (login required)

View Item View Item