INTERAKSI SOSIAL DAN RELASI SOSIAL ANTARMAHASISWA YANG TERGABUNG DALAM ORGANISASI PMII DAN HMI (STUDI KASUS MAHASISWA YANG TERGABUNG DALAM ORGANISASI PMII DAN HMI TAHUN 2000-2015 FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA) YOGYAKARTA

BAYU SEGARA, NIM. 13540062 (2017) INTERAKSI SOSIAL DAN RELASI SOSIAL ANTARMAHASISWA YANG TERGABUNG DALAM ORGANISASI PMII DAN HMI (STUDI KASUS MAHASISWA YANG TERGABUNG DALAM ORGANISASI PMII DAN HMI TAHUN 2000-2015 FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA) YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (INTERAKSI SOSIAL DAN RELASI SOSIAL ANTARMAHASISWA YANG TERGABUNG DALAM ORGANISASI PMII DAN HMI (STUDI KASUS MAHASISWA YANG TERGABUNG DALAM ORGANISASI PMII DAN HMI TAHUN 2000-2015 FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJ)
13540062_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (INTERAKSI SOSIAL DAN RELASI SOSIAL ANTARMAHASISWA YANG TERGABUNG DALAM ORGANISASI PMII DAN HMI (STUDI KASUS MAHASISWA YANG TERGABUNG DALAM ORGANISASI PMII DAN HMI TAHUN 2000-2015 FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJ)
13540062_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Organisasi merupakan wadah mahasiswa untuk beraktivitas diluar kampus. Tercapainya tujuan suatu organisasi tergantung pada anggotanya. Membangun interaksi sosial dan relasi sosial antar anggota organisasi sangatlah penting. Interaksi dan relasi lintas organisasi untuk memper erat hubungan antar organisasi, membutuhkan hubungan yang dinamis dan saling mendukung, dan merupakan alat yang menghubungkan antar organisasi PMII dan HMI. Hubungan antar anggota dalam organisasi ada nilai positif dan negatifnya bahkan sampai menimbulkan konflik, baik dalam konflik fisik maupun konflik mental. Sangat menarik untuk diteliti lebih lanjut untuk menemukan titik poin pentingnya. Berjalannya interaksi dan relasi baik atau tidak baik bergantung bagaimana individu atau kelompok itu sendiri, terkadang terjadi konflik karena kesalahpahaman antar anggota atau mahasiswa yang tergabung dalam organisasi PMII dan HMI. Teori yang digunakan adalah teori interaski sosial dan relasi sosial (Gillin dan Gillin). Seperti kompetisi, kontroversi dan konflik sifatnya desosiatif atau merenggangkan hubungan antar manusia yang berarti perilaku minus atau buruk. Terdapat beberapa yang terkait dalam teori interaksi sosial diantaranya, imitasi, sugesti, identifikasi dan simpati. Sedangkan relasi sosial itu sendiri merupakan lahir karena ada keterikatan atau keterkaitan dari interaksi sosial tersebut. Terjadinya interaksi sosial dan relasi sosial karena ada ikatan baik secara individu maupun secara kelompok atau organisasi. Didalam interaksi dan relasi juga ada komunikasi yang harus terjadi antar anggota organisasi PMII dan HMI. Sedangkan metode penelitian ini adalam metode kualitatif, dimana melakukan penelitian dengan wawancara dan observasi langsung dengan informan. Namun peneliti tidak melibatkan diri saat melakukan penelitian, hanya menganalisis bagaimana interaksi sosial dan relasi sosial yang terjadi antar anggota organisasi PMII dan HMI dalam Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga. Hasil penelitian menunjukan bahwa interaksi sosial dan relasi sosial antar anggota organisasi PMII dan HMI di Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga, rentan perselisihan ketika pemilwa sedang berlangsung. Konflik sudah menjadi hal yang biasa dalam dunia aktivis karena realitasnya ada perbedaan argumen, dan perspektif antar individu maupun kelompok dalam organisasi PMII dan HMI. Namun kerja sama antar anggota organisasi juga sering terjadi ketika ada musuh bersama seperti isu nasional berupa kenaikan BBM, hari Kartini dan lain-lain kedua anggota organisasi melakukan kerja sama dalam bentuk demonstrasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Rr. Siti Kurnia Widiastuti, S.Ag., M.Pd., M.A.
Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial, Relasi Sosial, Organisasi.
Subjects: Sosiologi Agama
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 31 Jan 2018 11:39
Last Modified: 31 Jan 2018 11:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29224

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum