HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS XI MAN 3 SLEMAN

MUHAMMAD DINI PURWADI MUHAMMAD DINI PURWADI, NIM. 13410089 (2017) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS XI MAN 3 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS XI MAN 3 SLEMAN)
12410036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS XI MAN 3 SLEMAN)
12410036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Latar Belakang penelitian ini adalah masih ada beberapa peserta didik yang prestasi belajarnya dibawah rata-rata. Serta masih banyaknya peserta didik yang kurang memahami materi Akidah Akhlak. Sedangkan kontribusi dari pembelajaran Akidah Akhlak adalah memberi dorongan kepada peserta didik sehingga mereka dapat mengamalkan nilai-nilai keyakinan (tauhid) dan akhlakul karimah dalam kehidupan sehari hari. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan prestasi belajar dengan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual serta mengetahui hubungannya pada peserta didik kelas XI di MAN 3 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jumlah responden penelitian ini sebanyak 153 peserta didik, dimana pengambilan sampel menggunakan teknik probability random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode skala psikologi dengan model skala Likert. Uji prasyarat analisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji linearitas. Metode analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, analisis korelasi product moment, dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah: (1) Prestasi Belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas XI MAN Yogyakarta Tahun Pelajaran 2016/2017 secara umum sedang, yaitu 76,5%. (2) Kecerdasan Emosional peserta didik kelas XI MAN Yogyakarta Tahun Pelajaran 2016/2017 secara umum sedang, yaitu 77,1%. (3) Kecerdasan Spiritual peserta didik kelas XI MAN Yogyakarta Tahun Pelajaran 2016/2017 secara umum sedang, yaitu 72,5%. (4) Ada hubungan positif dan sangat signifikan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar Akidah Akhlak. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar rxy = 0,606 dengan p = 0,000. Dengan demikian dapat disimpulkan semakin tinggi prestasi belajar Akidah Akhlak semakin tinggi juga kecerdasan emosional, begitu pula sebaliknya. (5) Ada hubungan positif dan sangat signifikan antara kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar Akidah Akhlak. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar rxy = 0,614 dengan p = 0,000. Dengan demikian dapat disimpulkan semakin tinggi prestasi belajar Akidah Akhlak semakin tinggi juga kecerdasan spiritual, begitu pula sebaliknya. (6) Ada hubungan positif dan sangat signifikan antara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar Akidah Akhlak. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar ry.x1x2 = 0,681 dengan p = 0,000. Dengan demikian dapat disimpulkan semakin tinggi prestasi belajar Akidah Akhlak semakin tinggi juga kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual, begitu pula sebaliknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Munajat, M.Si
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 31 Jan 2018 14:45
Last Modified: 31 Jan 2018 14:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29230

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum