PENGARUH METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KEMAMPUAN GERAKAN SALAT SISWA KELAS 5 SD N 1 PANGGANG GUNUNGKIDUL

DIMAS ENDAR SEPTIAN, NIM. 12410055 (2017) PENGARUH METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KEMAMPUAN GERAKAN SALAT SISWA KELAS 5 SD N 1 PANGGANG GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KEMAMPUAN GERAKAN SALAT SISWA KELAS 5 SD N 1 PANGGANG GUNUNGKIDUL)
12410055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KEMAMPUAN GERAKAN SALAT SISWA KELAS 5 SD N 1 PANGGANG GUNUNGKIDUL)
12410055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui adanya pengaruh metode pembelajaran Demonstrasi terhadap kemampuan gerakan salat, 2) untuk mengetahui berapa besar pengaruh metode pembelajaran Demonstrasi terhadap kemampuan gerakan salat, 3) Untuk mengetahui adakah perbedaan penggunakan metode Demonstrasi dan metode ilustrasi gambar terhadap kemampuan gerakan salat. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental (eksperimen semu) desainya adalah suatu penelitian yang mempunyai kelompok kontrol dan kelompok esperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 SD N 1 Panggang. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain satu faktor dan dua sampel. Satu faktor yang dimaksud adalah penggunakan metode Demonstrasi pada mata materi gerakan salat, sedangkan dua sampel adalah siswa kelas 5 nomor apsen 1 - 15 (kelas kontrol) dan siswa kelas 5 nomor apsen 16 – 31 (kelas eksperimen). Berdasarkan hasil analisi penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Dari hasil uji-t dapat dilihat bahwa t hitung 6,995 dan t tabel 2,131 (df 15;0,05) dengan nilai signifikansi p sebesar 0,000. Oleh karena t hitung 6,995 t tabel 2,131, dan nilai signifikansi 0,000 0,05, maka hasil ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “Terdapat pengaruh positif dan terdapat perbedaan signifikan antara penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran PAI terhadap kemampuan gerakan salat siswa kelas 5 SD N Panggang 1”, diterima. 2) Besarnya peningkatan kemampuan gerakan salat tersebut dapat dilihat dari perbedaan nilai rata-rata yaitu sebesar 17,53, dengan kenaikan persentase sebesar 29,45%. artinya metode pembelajaran demonstrasi dalam pembelajaran PAI memberikan pengaruh terhadap kemampuan gerakan salat siswa kelas 5 SD N 1 Panggang yaitu sebesar 29,45%. 3) Dari hasil uji-t dapat dilihat bahwa t hitung 6,363 dan t tabel 2,045 (df 29=0,05) dengan nilai signifikansi p sebesar 0,020. Oleh karena t hitung 6,363 ttabel 2,045, dan nilai signifikansi 0,020 0,05, maka hasil ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan. Dengan demikian, terdapat perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen yang menggunakan penggunaan metode demonstrasi dengan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran ilustrasi gambar dalam pembelajaran PAI terhadap kemampuan gerakan salat siswa kelas 5 SD N Panggang 1. Berdasarkan nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen sebesar 77,08 dan rata-rata kelompok kontrol sebesar 57,96, dengan selisih rata-rata posttest sebesar 19,12.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Suwadi, M.Ag, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Demonstrasi, Gerakan Salat,
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 01 Feb 2018 08:49
Last Modified: 01 Feb 2018 08:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29234

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum