NILAI-NILAI CINTA TANAH AIR DALAM BUKU “LASKAR ULAMA-SANTRI” KARYA ZAINUL MILAL BIZAWIE DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

WAHID TUFTAZANI RIZQI, NIM. 13410005 (2017) NILAI-NILAI CINTA TANAH AIR DALAM BUKU “LASKAR ULAMA-SANTRI” KARYA ZAINUL MILAL BIZAWIE DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI CINTA TANAH AIR DALAM BUKU “LASKAR ULAMA-SANTRI” KARYA ZAINUL MILAL BIZAWIE DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
13410005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI CINTA TANAH AIR DALAM BUKU “LASKAR ULAMA-SANTRI” KARYA ZAINUL MILAL BIZAWIE DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
13410005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang penelitian ini adalah semakin merosotnya nilai cinta tanah air dari para pemuda Indonesia. Semakin maraknya perilaku-perilaku yang menyimpang dari adat dan norma yang berlaku dalam masyarakat. Semakin melemahnya cinta pemuda pada Indonesia. Maka PAI dan Budi Pekerti sebagai sebuah mata pelajaran di sekolah mempunyai peranan yang sangat penting untuk memberikan pendidikan bagi kaum remaja bahwa cinta tanah air merupakan sebuah keharusan dan sangat penting untuk menciptakan kerukunan bangsa. Juga peran dari pendidik sendiri untuk memberikan pengetahuan dan literatur-literatur yang baik untuk meningkatkan cinta tanah air dari para remaja. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian mengenai nilai-nilai cinta tanah air dalam buku “laskar ulama-santri” karya Zainul Milal Bizawie dan relevansinya dengan PAI. Penelitian ini merupakan penelitian library research. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi dengan mengumpulkan data yang relevan pada buku, majalah, dan berita yang membahas tentang nilainilai cinta tanah air, serta berbagai peraturan perundang-undangan yang terkait. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode content analysis, yaitu penarikan kesimpulan dilakukan dengan cara mengidentifikasi pesan tertentu dari suatu teks secara obyektif dan sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam buku Laskar Ulama-Santri & Resolusi Jihad karya Zainul Mialal Bizawie terdapat nilai-nilai cinta tanah air. Nilai-nilai cinta tanah air yang terdapat dalam Buku Laskar Ulama-Santri & Resolusi Jihad dinilai dapat menumbukan rasa kecintaan terhadap tanah air yang tinggi untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia. Adapun nilai-nilai cinta tanah air tersebut dapat tergambar dalam tiga hal, dalam Bela Negara, Keikutsertaan dalam Usaha Bela Negara, dan menghormati Hak Asasi Manusia. Bela Negara merupakan rasa kebangsaan dan cinta tanah air sebagai kondisi awal yang paling mendasar bagi setiap warga negara untuk mencegah timbulnya ancaman terhadap kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara. Dan Usaha Bela Negara merupakan partisipasi aktif dari rasa cinta tanah air dan bela negara. Sedangkan Hak Asasi Manusia merupakan suatu hak dasar yang dimiliki oleh setiap insan manusia. Selain itu, juga terdapat relevansi nilai-nilai cinta tanah air dalam buku Laskar Ulama-Santri yang dapat ditemukan dalam tujuan dan materi Pendidikan Agama Islam. Relevansi tersebut terdapat dalam materi yang diajarkan pada jenjang SMA kelas XI pada bab yang memuat tentang perilaku dan sikap yang bisa dipraktikkan untuk membangun bangsa, yaitu perilaku taat, kompetensi dalam kebaikan, dan etos kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sabarudin, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Nilai cinta tanah air,laskar ulama santri
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 01 Feb 2018 02:12
Last Modified: 01 Feb 2018 02:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29237

Actions (login required)

View Item View Item