NILAI-NILAI PENDIDIKAN ANTI TERORISME (STUDI TERHADAP BUKU SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA)

ZAKY AFTONUL MAKIN, NIM. 13410019 (2017) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ANTI TERORISME (STUDI TERHADAP BUKU SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ANTI TERORISME (STUDI TERHADAP BUKU SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA))
13410019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ANTI TERORISME (STUDI TERHADAP BUKU SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA))
13410019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa penyebaran faham radikalisme dan terorisme berjalan cepat melalui dakwah di rumah, pengajian bahkan dilakukan di lembaga pendidikan seperti SMP dan SMU. Penelitian potensi radikal oleh BNP dan The Nusa Institute pada 2011 di 32 provinsi menunjukkan kewaspadaan atas radikalisme mencapai 66.3%. Pendidikan sebagai sarana belajar mengajar mempunyai peran penting baik dalam hal penyebaran maupun penangkalan faham radikalisme dan terorisme. Melalui lembaga pendidikan, pemerintah dapat memberikan materi kepada siswa yang bernuansa anti terorisme yang termuat dalam buku teks. Buku teks ini berisikan materi-materi pembelajaran yang disusun dengan sedemikian rupa sehingga peserta didik mampu menangkap nilai-nilai dari materi yang disampaikan dalam pembelajaran. upaya preventif perlu dilakukan untuk mencegah faham radikalisme dan terorisme menyebar dikalangan siswa. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian tentang bagaimana kandungan nilai-nilai anti terorisme dalam buku teks yang diajarkan oleh guru kepada siswa di sekolah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian library research. Adapun data yang diperoleh berasal dari sumber primer yaitu buku PAI dan Budi Pekerti jenjang SMP serta buku-buku yang membahas tentang materi anti terorisme. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan analisis isi (content analysis). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam buku siswa PAI dan Budi pekerti kelas VII telah terdapat materi bernuansa nilai-nilai anti terorisme. Nilainilai tersebut antara lain citizenship, compassion, respect for other, tolerance, self control, moderation dan courtesy. Dalam buku kelas PAI dan Budi Pekerti kelas VII terdapat 3 bab yang berisikan nilai anti terorisme. Dalam buku PAI dan Budi Pekerti kelas VIII terdapat 2 bab anti terorisme, dan dalam buku PAI dan Budi Pekerti kelas IX terdapat 6 bab yang memuat ajaran anti terorisme. Pembahasan tentang anti terorisme yang terdapat dalam buku siswa tersebut dijelaskan secara implisit. Adapun urgensi dari pendidikan anti terorisme yaitu membimbing para generasi bangsa menjadi manusia yang berbudaya, berwatak anti terorisme

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Muqowim, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Analisis Isi, Radikalisme, Terorisme, Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Sekolah Menengah Pertama
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 01 Feb 2018 14:09
Last Modified: 01 Feb 2018 14:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29246

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum