PELESTARIAN NILAI-NILAI QUR’ANI DALAM RITUAL MAJELIS TAUSHIYAH DAN DZIKIR MALAM SELASA KLIWON DI PP. ASWAJA LINTANG SONGO

NURUL ISTIQOMAH,, NIM. 1520510075 (2017) PELESTARIAN NILAI-NILAI QUR’ANI DALAM RITUAL MAJELIS TAUSHIYAH DAN DZIKIR MALAM SELASA KLIWON DI PP. ASWAJA LINTANG SONGO. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELESTARIAN NILAI-NILAI QUR’ANI DALAM RITUAL MAJELIS TAUSHIYAH DAN DZIKIR MALAM SELASA KLIWON DI PP. ASWAJA LINTANG SONGO)
1520510075_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (PELESTARIAN NILAI-NILAI QUR’ANI DALAM RITUAL MAJELIS TAUSHIYAH DAN DZIKIR MALAM SELASA KLIWON DI PP. ASWAJA LINTANG SONGO)
1520510075_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan dalam tesis ini berjudul Pelestarian Nilainilai Qur’ani dalam Ritual Majelis Taushiyah dan Dzikir Malam Selasa Kliwon di PP. Aswaja Lintang songo. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pelestarian nilai-nilai Qur’ani yang terdapat dalam majelis taushuyah dan dzikir ini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field reseach). Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan dua jenis data yaitu data primer yang diambil langsung dari lokasi penelitian melalui teknik wawancara dengan subjek penelitian yaitu masyarakat dari unsur Kyai dan santri Lintang Songo, penduduk Peger Gunung Piyungan Bantul, dan hadirin pengajian rutinan tersebut. Data yang kedua adalah data sekunder yang diambil dari foto, buku, artikel, majalah, serta data-data lainnya yang masih bersangkutan. Teori yang digunakan adalah strukturalisme fungsional yang digagas oleh Talcott Parson. Fokusnya adalah kepada empat fungsi nilai yaitu Adaptasi, Tujuan, Integrasi, dan Keadaan laten. Keempat fungsi ini digunakan untuk menganalisis unsur-unsur yang memebentuk dan menjaga keberlangsungan majelis taushiyah dan dzikir di PP. Aswaja Lintang songo. Dari penelitian yang dilakukan maka penulis mendapatkan hasil bahwa di antara unsur dalam majelis taushiyah dan dzikir yaitu PP. Aswaja Lintang Songo, Musholla tempat berlangsungnya majelis taushiyah dan dzikir, jamaah yang mengikuti majelis taushiyah dan dzikir, pemilihan materi taushiyah dan dzikir serta Pak Kyai Heri telah menampakkan adaptasi, tujuan, integrasi, dan keadaan latennnya dengan baik. Dari sisi adaptasi, PP. telah memberikan wadah majelis taushiyah dan dzikir untuk masyarakat luas. Musholla PP. Aswaja Lintang songo mampu menampung jamaah yang hadir. Jamaah membawa infaq terbaiknya, kitab Islam yang dijadikan rujukan Pak Kyai juga dalam memberikan taushiyah dan dzikir menjamin majelis ini dapat berjalan dengan menyuguhkan berbagai macam ilmu. Pak Kyai berusaha menyampaikan taushiyah yang dapat diterima dengan mudah oleh semua jamaah yang hadir. Dari sisi pencapaian tujuan, yang dilakukan setiap unsur adalah PP. Aswaja Lintang Songo mengadakan majleis ini pada malam selasa kliwon, jamaah mengikuti taushiyah dan dizkir dengan khidmat, penataan musholla yang baik, kitab-kitab Islam yang menyuguhkan berbagai materi, dan kemahiran Pak Kyai dalam memahami dan menyampaikan isinya. Dari sisi integrasi, Pak Kyai melakukan cara agar jamaah, pondok, musholla dan materi dari kitab yang disampaikan dapat berjalan beriringan.Pemilihan materi dan bacaan dzikir yang netral adalah faktor integrasi yang penting. Adapun keadaan laten yang berlaku dalam majelis taushiyah dan dzikir, Pak Kyai menanamkan nilai-nilai Qur’ani dan jamaah melestarikannya dalam kehidupan sehari-hari. Di antara nilai-nilai Qur’ani yang dipegangi jamaah adalah keistiqomahan berdo’a dan berdzikir, etos kerja yang baik, memelihara hubungan baik dnegan orang lain, meninggalkan sifat sombong.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Saifuddin Zuhri, M.A,
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Qur’ani, Dzikir Malam Selasa Kliwon, PP. Aswaja Lintang Songo
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat

Filsafat Islam
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S2)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 01 Feb 2018 08:52
Last Modified: 01 Feb 2018 08:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29250

Actions (login required)

View Item View Item